h1

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPATUHAN MINUM OBAT PADA KLIEN SKIZOFRENIA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT JIWA DAERAH DR. RM SOEJARWADI KLATEN

3 Mei 2009

Oleh : Gunadi

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Skizofrenia adalah diskripsi sindrom dengan variasi penyebab (belum banyak diketahui) dan perjalanan  penyakit tidak selalu bersifat kronis atau deteorating yang luas serta sejumlah akibat yang tergantung pada perimbangan pengaruh genetik, fisik dan sosial budaya.  Di Indonesia jumlah penderita Skizofrenia sekitar 1 % dari jumlah penduduk atau sekitar 2,5 juta jiwa.  Pada tahun 2006 dari 1030 klien yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Dr. RM Soejarwadi Klaten 51,5% adalah klien Skizofrenia. Pengobatan Skizofrenia yang lama dan efek samping obat yang sering timbul, menjadi alasan klien untuk tidak mengikuti program pengobatan.

Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memberi pengaruh bermakna terhadap ketidakpatuhan minum obat pada klien Skizofrenia.

Metode penelitian : adalah diskriptif kuantitatif eksploratif dengan rancangan cross sektional. Subyek penelitian adalah 50 klien Skizofrenia yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Dr. RM Soejarwadi Klaten. Uji statistik dengan principal component analysis. Untuk menampilkan mean, standar deviasi dan jumlah data. Uji comunalities digunakan untuk mengetahui besar pengaruh tiap faktor maupun sub faktor terhadap ketidakpatuhan minum obat. Semakin besar nilai extraction pada comunalities semakin besar pengaruhnya.

Hasil : Faktor predisposisi pada aspek sikap memberikan pengaruh sebesar 0,06 terhadap ketidakpatuhan minum obat pada klien Skizofrenia.

Kesimpulan : Faktor predisposisi pada aspek sikap perlu mendapat prioritas dalam intervensi keperawatan untuk meningkatkan kepatuhan minum obat.

Kata Kunci : Klien Skizofrenia,Faktor Predisposisi,Faktor Pendukung, Faktor Pendorong

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. tlg donk stikes smart,,,, krmin akuu data lengkapnya wat bhan pnltianku,,,, thanks bgt


  2. bisa minta tlg gak.,
    saya lagi menyusun bahan KTi dan kebetulan saya melihat bahan ini
    bisa tidak sayta meminta bahanya
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih


  3. saya lagi butuh bahan untuk pembuatan mini riset kep jiwa…
    mohon bantuannya ya,,
    blh minta file skripsi ini ga??
    klo boleh tlg kirim ke email saya ya,
    trima kasih banyak…


  4. mnt tlg stikes smart…, kirimin ama ku data lengkapnya untuk bhan penelitianku



Tinggalkan komentar