h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT DEPRESI DENGAN KEMAMPUAN AKTIVITAS DASAR SEHARI-HARI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT BUDHI LUHUR YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Oleh : Nanang Firman Nulah

ABSTRAKSI

Pertumbuhan jumlah penduduk lanjut usia di Indonesia tercatat sebagai paling pesat di dunia. Meningkatnya jumlah penduduk usia lanjut akan disertai dengan meningkatnya gangguan atau masalah kesehatan antara lain depresi. Demikian juga dengan lanjut usia di PSTW Budhi Luhur Yogyakarta banyak mengalami gangguan atau masalah kesehatan yaitu depresi. Dampak dari lansia yang mengalami depresi akan mengakibatkan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-harinya, serta memberikan beban yang berat bagi keluarga dan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat depresi dengan kemampuan melaksanakan aktivitas dasar sehari-hari pada lansia di PSTW Unit Budhi Luhur Yogyakarta..

Penelitian ini bersifat deskriptif analitik kolerasi dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian diambil secara acak dan diseleksi dengan kriteria inklusi hingga didapat sampel berjumlah 44 orang lansia. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner GDS dan Indeks Barthel untuk mengetahui tingkat depresi dan kemempuan aktivitas dasar sehari-hari lansia..

Hasil yang diperoleh disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik kolerasi produk moment menurut Spearman Rho dengan tingkat signifikan  : 5% didapatkan hasil  : -0.334 dan besarnya signifikansi (p) sebesar 0,027, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat depresi lansia sebagian besar ringan-sedang (50%), kemampuan aktivitas dasar sehari-hari lansia sebagian besar ketergantungan sedang (61,63%), ada hubungan yang signifikan dengan intepretasi korelasi negatif antara tingkat depresi dengan kemampuan aktivitas dasar sehari-hari pada lansia di panti sosial tresna werdha unit budhi luhur Yogyakarta.

Kata Kunci : depresi, kemampuan aktivitas dasar sehari-hari, lansia

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. sy sudah kirim email harap segera di bales. thx


  2. Saya minta full bisa, buat referensi saya, trims


  3. saya berminat,cz bsok pagi mau dpersentasikan


  4. saya berminat.



Tinggalkan komentar