h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBUTENTANG ISPA DENGAN PERAWATAN IBU PADA BALITA PENDERITA ISPA NON PNEUMONIA DI PUSKESMAS KLATENTENGAH TAHUN 2008

3 Mei 2009

Oleh : Dwi Handayani

ABSTRAKSI

Latar belakang : ISPA merupakan masalah kesehatan yang serius, terutama pada anak. Idealnya seorang ibu memiliki bekal merawat anaknya yang sedang sakit ISPA dengan pengetahuan tentang perawatan anak di rumah. Dari pengetahuan muncul perilaku terhadap perawatan anak sebagai bentuk usaha peningkatan kesembuhan dalam taraf mencapai tingkat kesehatan secara maksimal.

Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang ISPA dengan perawatan ibu pada balita penderita ISPA Non Pneumonia di Puskesmas Klaten Tengah tahun 2008.

Metode : Penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi ibu balita penderita ISPA Non Pneumonia yang berkunjung ke Puskesmas Klaten Tengah pada bulan Mei 2008 dan bertempat tinggal di wilayah Kerja Puskesmas Klaten Tengah. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Penelitian dilaksanakan tanggal 2-31 Mei 2008 dengan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis korelasi kendal tau.

Hasil dan kesimpulan : Adanya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang ISPA dengan perawatan ibu pada balita penderita ISPA Non Pneumonia di Puskesmas Klaten Tengah (τ = 0,686; p < 0,010). Sebagian besar tingkat pengetahuan ibu tentang ISPA cukup (65,6%) dan perawatan ibu pada balita penderita ISPA Non Pneumonia baik (68,7%).

Kata Kunci : ISPA – Non Pneumonia – Pengetahuan – Perawatan

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

23 komentar

  1. mba z mau tau ttg judul skripsi hub pengetahuan dan sikap dgn tigkat kecemasan org tua pd balita ispa.thanks


  2. Assalamualaikum.,. mba’ Dwi bolh gk minta file lengkap anda untuk panduan skrips sya,.“HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBUTENTANG ISPA DENGAN PERAWATAN IBU PADA BALITA PENDERITA ISPA NON PNEUMONIA DI PUSKESMAS KLATENTENGAH TAHUN 2008″.,.krim lewat email sy mba’ yaahh.,.,


  3. Bisa ga dikirimkan file skripsinya?


  4. mbak saya blh tau lbh jls ttg skrispinya gk? caranya gmna. thx bfre. 🙂


  5. gmna crax saya bsa dpt lengkpax…. saya butuh bulan ini….


  6. Assalamualaikum…..
    saya ingin sekali mendapatkan file lengkapnya tentang penelitian ilmiah yang berjudul “HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBUTENTANG ISPA DENGAN PERAWATAN IBU PADA BALITA PENDERITA ISPA NON PNEUMONIA DI PUSKESMAS KLATENTENGAH TAHUN 2008” ini. Bagaimana saya bisa mendapatkannya guna panduan belajar saya ?
    Terimakasih, wassalamualaikum wr. wb.


  7. Assalam, mba gimana caranya saya bisa mendapatkan file lengkapnya untuk panduan skripsi saya. Trimakasih sebelumnya 🙂


  8. boleh tidak minta yang selengkapnya ?
    kirim ke email saya ya

    terima kasih sebelumnya


  9. mbak dwi,blh ga ini saya jadikan referensi, lengkapnya,kl bs gmn cara minta lengkapnya mbak?bs ga minta tlg krm ke email saya mbak?


  10. boleh minta yg lengkapnya gak? perlu banget nih… kirim ke email aq dunk..
    agus_prajawanto@ymail.com
    thanks y


  11. GMN CRA DPETIN FILE LENGKAPNYA..??SYA BUTUH UNTUK SKRIPSI BLAN INI


  12. bisa tau / liat versi lengkapnya???

    trims..


  13. bgus ni,,mw dong isi lengkapnya…??gmn cara dptinny?tlong krim via email bs g?


  14. boleh minta iasinya yang lengakap tlg krm ke emailku ya,buat tambahan skripsi ku! thx


  15. boleh minta gk isi nya yang lebih lengkap.untuk referensi skripsi saya.trims..


  16. boleh ga minta yang selengkap2nya ? tolong ya kirim ke emai ku terimakasih


  17. boleh donk dapat yang lebih lengkap…gmn caranya ya ?


  18. judulnya menarik tapi tolong di tambahkan lagi data akurat yang bisa membantu dalm pembuatan skripsi in!


  19. salam, klo saya cocok dengan salah satu judul dan ingin mendapatkan data – data lengkapnya gimana prosedurnya. saya tunggu konfirmasinya via email.tx


  20. judulnnya bagus banget….tapi di lengkapi dong..jadi penasaran nich…


  21. gmn sih cra dpt selengkapnya????

    mksh…


  22. boleh ngak minta yang lengkapnya.


  23. maaf sya mo tyak…

    kira2 sya bisa mendapaykan informasi selengkpnya bgaimna ya????

    soalnya sya tertarik dengan judul itu….

    trimakasih



Tinggalkan komentar