h1

PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK RELAKSASI NAPAS DALAM TERHADAP PENURUNAN NYERI DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ISLAM YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Ni Putu Ani Priyani

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Dari studi pendahuluan remaja putri pembelajaran yang diperoleh di sekolah tidak menunjang pengetahuan tentang kesehatan reproduksi khususnya menstruasi dan cara penanggulangan nyeri dismenore.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan nyeri dismenore.

Metode: Penelitian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Yatim Putri Islam Yogyakarta dengan menggunakan rancangan cross-sectional . Subyek penelitian ini adalah remaja putri Panti Asuhan Yatim Putri Islam Yogyakarta, yang memenuhi kriteria inklusi pada bulan April 2008. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan nyeri dismenore. Instrumen yang digunakan adalah skala pengukuran nyeri numerical dan lembar observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik Paired t-Test.

Hasil : Tingkat nyeri adalah tidak nyeri 3 orang (10%) dari 30 orang, nyeri ringan 19 orang (63%) dari 30 orang, nyeri sedang 6 orang (20%) dari 30 orang, dan nyeri berat 2 orang (7%) dari 30 orang serta terdapat pengaruh yang signifikan pemberian teknik relaksasi napas dalam terhadap penurunan nyeri dismenore.

Kesimpulan : Ada pengaruh yang signifikan  pemberian teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan nyeri dismenore pada remaja putri di Panti Asuhan Yatim Putri Islam Yogyakarta dengan nilai signifikansi (p) = 0,000.

Kata kunci : Relaksasi nafas dalam, Nyeri, Dismenore

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

27 komentar

  1. Assalamualaikum wr.wb , selamat pagi kepada penulis skripsi tentang PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK RELAKSASI NAPAS DALAM TERHADAP PENURUNAN NYERI DISMENORE PADA REMAJA PUTRI . Saya meminta izin pada penulis sekira nya jika berkenan mengirimkan data penelitian nya yg lengkap ke email saya.terima kasih sebelumnya kepada penulis 🙂 salam kenal 😀


  2. tolong di kirim ke email ya kak lengkap


  3. tolonglah kirimkan saya file penelitian ini, saya tertarik dengan judul penelitian ini,karena sy juga lagi menyusun skripsi, tx


  4. saya butuh skripsi ini dengan lengkap untuk sebagai sumber referensi saya..
    terimakasih…


  5. saya sedang tahap penyusunan proposal tentang penurunan nyeri disminore juga, kalau tidak keberatan boleh sya minta refernsi journalnya??
    tlong dkirim ke email.

    makasih ^_^


  6. maaf bisa tidak kirimkan skripsi ini buat saya karena memperkuat skripsi yang saya buat sekarang, terima kasih


  7. tolong korimkan proposal ini selengkapnya..


  8. q butuh ni KTI mbak bwt referensi skripsi q, kirimi ke email ya….


  9. mba klo boleh …
    boleh saya mnta skripsinya lebih lengkap….
    terimakasih seblumnya.. 🙂


  10. cara dapetin dokumennya?


  11. ass,
    mba klo tdk keberatan bleh tdak penelitiannya di krim pd email sya,
    saya suka dgn jdulnya. trimakasi 🙂


  12. tlg krm selengkapnya ya KTI ni,,,sya tertarik dgn judul ini….thanks sebelumnya


  13. mba bisa nggak contoh KTI-nya kirim ke email saya,


  14. kirim ke email saya dunk…
    trimakasih


  15. ass..

    saya berminat dengan judul ini ..
    tolong kirim ke email saya,,
    terimakasih


  16. ass
    saya tertarik dengan skripsi ini,bahaimana cara saya menapat contoh skripsi ini secara keseluruhan?
    kalau bisa mihon bantuannya untuk dikirimkan ke e-mail saya.
    Terimakasi..


  17. ass….
    saya sangat berminat dengan judul ini.
    boleh minta tolong dikirimkan yang lengkap tentang skripsi ini untuk melengkapi bahan skripsi saya.secepatnya…
    terimakasih


  18. tlg krmkan ini ya selengkapnya..saya trtarik dgn judul ini


  19. ass….
    saya sangat berminat dengan judul ini.
    boleh minta tolong dikirimkan yang lengkap tentang skripsi ini untuk melengkapi bahan skripsi saya.secepatnya…
    terimakasih


  20. Assalamualaikum..
    saya mohon dikirimkan file skripsi ini selengkapnya..
    terima kasih:)


  21. tolong y…..


  22. Assalamu’alaikum
    sAya tertarik dgn judul ini,,
    mhon di kirim KTI Lengkap nya k Email saya,,,saya lg kebingungan dalm mmbuat proposal pnlitian.
    mksih sblum nya
    ws


  23. Bagaimana cara saya mendapatkan penelitian ini selengkapnya ?
    Mohon bantuan Yth ,
    terimakasi..


  24. saya tertarik dengan skripsi ini,bahaimana cara saya menapat contoh skripsi ini secara keseluruhan?
    kalau bisa mihon bantuannya untuk dikirimkan ke e-mail saya.
    Terimakasi..


  25. ass..saya tertarik dengan judul yg ini bisa dikirimkan?
    tks..


  26. mohon dikirim kelengkapan penelitianya tentang pengaruh teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan nyeri pada disminorre.saya lg mau nyusun skeipsi jg.thks


  27. HASIL PENELITIANNYA SANGAT MEMBANTU SAYA KARENA SAYA JUGA DALAM PROSES PENYUSUNAN PROPOSAL MENGENAI DISMENORE
    KALAU TIDAK KEBERATAN APAKAH BISA DILENGKAPI DENGAN ANGKA KEJADIAN DISMENORE DI DIY DAN TOLONG DIKIRIMKAN KE EMAIL SAYA TERIMA KASIH



Tinggalkan komentar