h1

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RSIY PDHI

4 Mei 2009

EKO HERNAWAN

ABSTRAK

Dalam kehidupan ekonomi, peran sektor jasa memang sangat penting. Di Indonesia sendiri perkembangan sektor jasa juga berlangsung pesat. Salah satu produk jasa yang mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah produk jasa kesehatan. Dewasa ini banyak sekali produk jasa kesehatan yang ditawarkan, salah satu diantaranya adalah jasa rumah sakit. Rumah sakit merupakan salah satu instansi yang bersifat sosial. Sebagai salah satu sub sistem pelayanan kesehatan. Rumah sakit memberikan dua jenis pelayanan yaitu pelayanan kesehatan dan pelayanan administrasi. Meskipun rumah sakit merupakan suatu unit pelayanan kesehatan yang bersifat sosial atau nirlaba. Tetapi tidak selamanya rumah sakit tersebut bersifat nirlaba, dikarenakan adanya tuntutan kesatuan organisasi serta kelangsungan kinerja rumah sakit.

Mengingat akan arti penting pelayanan yang berkualitas khususnya pada bagian pendaftaran yang berhubungan dengan kepuasan pasien, maka penulis tertarik untuk mengambil judul penelitian: Pengaruh Kualitas Pelayanan pada bagian Pendaftaran terhadap kepuasan pasien Rawat jalan di RSIY PDHI. Kualitas pelayanan pada bagian pendaftaran antara lain terdiri dari Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan pada bagian pendaftaran.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien rawat jalan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Cross Sectional. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hipotesisnya yang penulis ajukan adalah ”Ada pengaruh kualitas pelayanan pada bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien”.Hasil regresi berganda yaitu model Y’ = 23,016  +(-0,214)x1 +0,256x2 + 1,357 x3 + 0,941 x 4 + 0,586 x 5 + e.

. Variabel yang mempunyai pengaruh terbesar dalam memberikan kepuasan pasien adalah responsiveness (1,357).

Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty,    Kepuasan pasien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

10 komentar

  1. boleh nggak aku minta file yang lengkap biar jadi refrensi . thanks


  2. saya mau yang lengkapnya boleh ?


  3. Pengen banget liat keseluruhannya,bolh ga????n gimn caranya???


  4. minta dikirim ke email dong, boleh gag?


  5. ingin liat seluruhnya sebagai bahan referensi


  6. pengen liat yang keseluruhannya kalau bsa
    mksh


  7. maaf kalo boleh saya minta yang lengkapnya,,, buat referensi aja,,, thanks


  8. tolong dikirim


  9. gw minta artikel lengkap d atas dunk, please perlu bgt bwt TA

    kirim k email gw y


  10. gimana cara mendapatkan slripsi tsb?????



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 166 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: