PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RSIY PDHI
4 Mei 2009EKO HERNAWAN
ABSTRAK
Dalam kehidupan ekonomi, peran sektor jasa memang sangat penting. Di Indonesia sendiri perkembangan sektor jasa juga berlangsung pesat. Salah satu produk jasa yang mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah produk jasa kesehatan. Dewasa ini banyak sekali produk jasa kesehatan yang ditawarkan, salah satu diantaranya adalah jasa rumah sakit. Rumah sakit merupakan salah satu instansi yang bersifat sosial. Sebagai salah satu sub sistem pelayanan kesehatan. Rumah sakit memberikan dua jenis pelayanan yaitu pelayanan kesehatan dan pelayanan administrasi. Meskipun rumah sakit merupakan suatu unit pelayanan kesehatan yang bersifat sosial atau nirlaba. Tetapi tidak selamanya rumah sakit tersebut bersifat nirlaba, dikarenakan adanya tuntutan kesatuan organisasi serta kelangsungan kinerja rumah sakit.
Mengingat akan arti penting pelayanan yang berkualitas khususnya pada bagian pendaftaran yang berhubungan dengan kepuasan pasien, maka penulis tertarik untuk mengambil judul penelitian: Pengaruh Kualitas Pelayanan pada bagian Pendaftaran terhadap kepuasan pasien Rawat jalan di RSIY PDHI. Kualitas pelayanan pada bagian pendaftaran antara lain terdiri dari Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan pada bagian pendaftaran.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien rawat jalan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Cross Sectional. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hipotesisnya yang penulis ajukan adalah ”Ada pengaruh kualitas pelayanan pada bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien”.Hasil regresi berganda yaitu model Y’ = 23,016 +(-0,214)x1 +0,256x2 + 1,357 x3 + 0,941 x 4 + 0,586 x 5 + e.
. Variabel yang mempunyai pengaruh terbesar dalam memberikan kepuasan pasien adalah responsiveness (1,357).
Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Kepuasan pasien
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda
bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan artikel lengkap diatas
oleh Lorenza Audia 4 September 2016 at 23:41Mohon minta file nya yg lengkap buat bahan referensi, judul ini menarik.
oleh Reza sultoni 18 Mei 2016 at 03:44bisa minta yang lengkap , bagaimanacaranya.. terima kasih
oleh rahma 26 Maret 2015 at 02:48Assalamu Alaikum….. sy tertarik ingin mempelajari lebih jauh lg skripsi tsb, bisa minta file lengkapnya gak? Terimakasih.
oleh Anna Findika 13 September 2014 at 07:58boleh nggak aku minta file yang lengkap biar jadi refrensi . thanks
oleh marten 19 Juni 2014 at 12:37saya mau yang lengkapnya boleh ?
oleh ira nur rahmah 13 Maret 2013 at 13:44Pengen banget liat keseluruhannya,bolh ga????n gimn caranya???
oleh wiwin 25 Desember 2012 at 09:35minta dikirim ke email dong, boleh gag?
oleh menoenkso 1 April 2012 at 09:17ingin liat seluruhnya sebagai bahan referensi
oleh andy 16 Maret 2012 at 07:18pengen liat yang keseluruhannya kalau bsa
oleh andy 16 Maret 2012 at 07:10mksh
maaf kalo boleh saya minta yang lengkapnya,,, buat referensi aja,,, thanks
oleh ridha 18 November 2011 at 04:31tolong dikirim
oleh dewa 10 Januari 2010 at 07:35gw minta artikel lengkap d atas dunk, please perlu bgt bwt TA
kirim k email gw y
oleh eka mutiara 9 Januari 2010 at 02:24gimana cara mendapatkan slripsi tsb?????
oleh rangga 21 November 2009 at 07:10