h1

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RSIY PDHI

4 Mei 2009

EKO HERNAWAN

ABSTRAK

Dalam kehidupan ekonomi, peran sektor jasa memang sangat penting. Di Indonesia sendiri perkembangan sektor jasa juga berlangsung pesat. Salah satu produk jasa yang mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah produk jasa kesehatan. Dewasa ini banyak sekali produk jasa kesehatan yang ditawarkan, salah satu diantaranya adalah jasa rumah sakit. Rumah sakit merupakan salah satu instansi yang bersifat sosial. Sebagai salah satu sub sistem pelayanan kesehatan. Rumah sakit memberikan dua jenis pelayanan yaitu pelayanan kesehatan dan pelayanan administrasi. Meskipun rumah sakit merupakan suatu unit pelayanan kesehatan yang bersifat sosial atau nirlaba. Tetapi tidak selamanya rumah sakit tersebut bersifat nirlaba, dikarenakan adanya tuntutan kesatuan organisasi serta kelangsungan kinerja rumah sakit.

Mengingat akan arti penting pelayanan yang berkualitas khususnya pada bagian pendaftaran yang berhubungan dengan kepuasan pasien, maka penulis tertarik untuk mengambil judul penelitian: Pengaruh Kualitas Pelayanan pada bagian Pendaftaran terhadap kepuasan pasien Rawat jalan di RSIY PDHI. Kualitas pelayanan pada bagian pendaftaran antara lain terdiri dari Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan pada bagian pendaftaran.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien rawat jalan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Cross Sectional. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hipotesisnya yang penulis ajukan adalah ”Ada pengaruh kualitas pelayanan pada bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien”.Hasil regresi berganda yaitu model Y’ = 23,016  +(-0,214)x1 +0,256x2 + 1,357 x3 + 0,941 x 4 + 0,586 x 5 + e.

. Variabel yang mempunyai pengaruh terbesar dalam memberikan kepuasan pasien adalah responsiveness (1,357).

Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty,    Kepuasan pasien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

14 komentar

  1. bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan artikel lengkap diatas


  2. Mohon minta file nya yg lengkap buat bahan referensi, judul ini menarik.


  3. bisa minta yang lengkap , bagaimanacaranya.. terima kasih


  4. Assalamu Alaikum….. sy tertarik ingin mempelajari lebih jauh lg skripsi tsb, bisa minta file lengkapnya gak? Terimakasih.


  5. boleh nggak aku minta file yang lengkap biar jadi refrensi . thanks


  6. saya mau yang lengkapnya boleh ?


  7. Pengen banget liat keseluruhannya,bolh ga????n gimn caranya???


  8. minta dikirim ke email dong, boleh gag?


  9. ingin liat seluruhnya sebagai bahan referensi


  10. pengen liat yang keseluruhannya kalau bsa
    mksh


  11. maaf kalo boleh saya minta yang lengkapnya,,, buat referensi aja,,, thanks


  12. tolong dikirim


  13. gw minta artikel lengkap d atas dunk, please perlu bgt bwt TA

    kirim k email gw y


  14. gimana cara mendapatkan slripsi tsb?????



Tinggalkan komentar