h1

PENGARUH PELATIHAN SDM PERAWAT RAWAT INAP TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RSJD. Dr. RM. SOEDJARWADI KLATEN TAHUN 2008

4 Mei 2009

NIKA MAYA AGUSTINA

ABSTRAK

Gambaran kondisi RSJD.Dr.RM.Soedjarwadi Klaten adalah sebagai berikut : belum semua tenaga paramedic diikutkan pelatihan yang ada yaitu pelatihan yang dilakukan  tanggal 5 – 6 November 2007  pelatihan mengenai Keperawatan Kegawatdaruratan Psikiatri yang ikut sebanyak 35 orang perawat, dari 100 orang perawat baik rawat jalan maupun rawat inap maka hanya sebanyak 35 % tenaga perawat yang ikut pelatihan tersebut. Sedangkan pelatihan pada tanggal 17 – 18 November 2007, 26 – 27 November 2007, dan 28 – 29 November 2007  pelatihan mengenai PPGD (Penanganan Pertama Gawat Darurat) yang diikuti sebanyak 49 orang perawat baik perawat rawat jalan maupun perawat rawat inap sebanyak 100 orang maka hanya sebanyak 49 % tenaga paramedic keperawatan yang mengikuti pelatihan tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pelatihan SDM perawat rawat inap terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSJD. Dr. RM. Soedjarwadi Klaten.

Penelitian ini menggunakan model analisa regresi linier berganda, mencari nilai Adjusted R Square, Uji F, dan Uji t. Metode penelitian menggunakan metode Cross Sectional dengan jenis penelitian deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian , nilai Adjusted R Square adalah 39,5% dan t hitungnya adalah 13,564. Nilai t hitung pengetahuan SDM perawat adalah 2,628, keterampilan SDM perawat adalah 2,214, kemampuan SDM perawat adalah 2,186, dan penampilan SDM perawat adalah 1,879.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan SDM perawat berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Pengetahuan SDM perawat, keterampilan SDM perawat, dan kemampuan SDM perawat berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan, dimana nilai t hitung > t tabel dan p < α. Penampilan SDM perawat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan dimana nilai t hitung < t tabel dan p > α. Output dari pelatihan SDM perawat yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan adalah pengetahuan SDM perawat. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung pada pengetahuan SDM perawat adalah yang paling besar yaitu 2,628, sedangkan tingkat signifikansi penampilan SDM perawat adalah yang paling rendah yaitu 1,879.

Kata Kunci : Pelatihan, SDM perawat, Kualitas Pelayanan Kesehatan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. Terima kasih ats penawaran nya agar agr spy dagn cpt saya bisa memiliki file seluruhnya scr komplit bgmn mhon petunjuk.tk


  2. bagaimana cara mendapatkan file diatas secara lengkap dengan kuesionernya???



Tinggalkan komentar