h1

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT RAWAT INAP DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

4 Mei 2009

SETIANI DWI KRISTAMI

ABSTRAK

Latar belakang : Hasil observasi langsung di RSUD Panembahan Senopati Bantul, ditemukan bahwa pergantian shif perawat kadang terlambat hal itu terjadi karena kurangnya motivasi perawat sehingga banyak pasien yang mengeluh tentang pelayanan keperawatan dan dapat dikatakan bahwa kinerja perawat rendah

Tujuan  : Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor motivasi kerja terhadap kinerja perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul dan mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul .

Metodologi Penelitian  : Merupakan penelitian penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasinya adalah sampling jenuh dengan responden semua perawat rawat inap PNS di kelas I, II dan III  RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan jumlah 53 orang perawat. Waktu penelitian pada tanggal 14 sampai 30 April 2008. Variabel bebas adalah motivasi intrinsik (rasa aman, status kerja, jenis pekerjaan dan kesempatan untuk maju) dan motivasi ekstrinsik (hubungan dengan teman sekerja, gaji, pimpinan, kondisi kerja dan fasilitas) dan variabel terikat adalah kinerja perawat rawat inap. Alat ukur penelitian berupa kuesioner motivasi dan kinerja, yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas.

Hasil Penelitian  : (1) Dari tabel koefisien analisis regresi dapat diketahui persamaan umum regresi dimana variabel  yang paling berpengaruh adalah dimensi gaji sebesar 6, 626 dan di ikuti dimensi kondisi, jenis pekerjaan, rasa aman, fasilitas, kesempatan untuk bekerja, hubungan dengan teman sekerja dan status pekerjaan, pimpinan., maka persamaan umum regresinya adalah Y = 18, 416 + 0, 383 X1 + 0, 909 X2  (2) Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0, 531 atau 53, 1%. Hasil ini menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik mampu menjelaskan 53, 1% variasi yang terjadi pada variabel dependen kinerja perawat rawat inap di  RSUD Panembahan Senopati Bantul, sedangkan sisanya sebesar 46, 9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kesimpulan  : Ada pengaruh antara pengaruh faktor-faktor motivasi kerja terhadap kinerja perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Dan faktor ekstrinsik adalah faktor yang dominan yang berpengaruh terhadap kinerja perawat rawat inap di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Kata Kunci  : Motivasi Kerja, Kinerja Perawat.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

5 komentar

  1. maaf mbak…boleh minta isi lengkap skripsinya ? makasih sebelumnya


  2. maaf mbak…boleh minta isi lengkap skripsinya ?


  3. boleh minta isi skripsinya ?


  4. bisa kirimkan saya email ttg hubungan imbalan jasa terhadap kinerja perawat


  5. minta dong isinya yang lengkap…
    thnx b4…



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 169 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: