h1

PENGARUH ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN YANG DITERIMA PASIEN RAWAT INAP KELAS III TERHADAP KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD DR. SOEROTO NGAWI

5 Mei 2009

Oleh : Ristania Wijayanti

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Pelayanan keperawatan sangat tergantung pada aspek ketenagaan atau sumber daya manusianya baik kualitas maupun kuantitas. Jika mutu suatu pelayanan terjamin maka akan menimbulkan kepuasan dimana kepuasan tersebut akan bertingkat secara relative melalui harapan dan kenyataan yang diterima. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara harapan dan kenyataan yang diterima pasien rawat inap kelas III terhadap kepuasan pasien berdasarkan mutu pelayanan keperawatan.

Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Alat penelitian berupa angket/kuesioner diisi langsung oleh 87 responden. Analisis data pada penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan SPSS 12.

Hasil : Hasil penelitian dari variable harapan, kenyataan dan kepuasan pasien rawat inap kelas III menunjukkan perbedaan yang bermakna dimana harapan pada kategori tinggi, kenyataan pada yang diterima pada kategori cukup dan kepuasan pada kategori cukup. Ada pengaruh yang signifikan antara harapan dan kenyataan terhadap kepuasan pasien rawat ianp kelas III RSUD Dr. Soeroto Ngawi dengan nilai F hitung sebesar 200,509.

Kesimpulan : Ada pengaruh yang signifikan antara harapan dan kenyataan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III RSUD Dr. Soeroto Ngawi. Factor yang paling dominant  berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III RSUD Dr. Soeroto Ngawi adalah kenyataan.

Kata kunci : Harapan, kenyataan serta kepuasan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Satu komentar

  1. sy butuh skali skripsi ini, tolong donk selengkapnya.



Tinggalkan komentar