h1

PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DJOJONEGORO KABUPATEN TEMANGGUNG

5 Mei 2009

ABSTRAKSI

Rumah sakit perlu mengetahui pandangan karyawan yang sesungguhnya terhadap keadilan kompensasi yang diberikan, sehingga dapat menumbuhkan kepuasan kerja perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Djojonegoro Kabupaten Temanggung.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian non eksperimental (observasional), dengan pendekatan crossectional. Populasi  dalam penelitian ini adalah perawat di RSUD Djojonegoro Kabupaten Temanggung yaitu sebanyak 114 perawat. Sedangkan sampel diperoleh sebanyak 89 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner mengenai kompensasi dan kepuasan kerja perawat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Sederhana.

Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 13.0 For Windows Evaluation Version diperoleh persamaan regresi linier sederhana adalah Y=1,322+0,686X. Hal ini menunjukkan kompensasi (X) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja perawat(Y). Hasil analisis uji t (individu/partial) diperoleh hasil thitung > ttabel = 8,610 > 1,987 dengan taraf signifikan 5% (0,05), artinya Ho ditolak dan menerima Ha, artinya variabel kompensasi (X) yang terdiri dari gaji, insentif, dan upah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja perawat (Y) di RSUD Djojonegoro Kabupaten Temanggung. Nilai korelasinya sebesar 0,678 menunjukkan tingkat korelasi  (hubungan) yang kuat antara kompensasi dengan kepuasan kerja perawat. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) dapat diketahui nilai kofisien determinasi adalah 0,46 atau 46%, artinya kompensasi mempengaruhi kepuasan kerja perawat sebesar 46%, sedangkan sisanya sebesar 54 % dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata kunci : kompensasi, kepuasan kerja perawat.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

6 komentar

  1. tolong minta versi lengkap dong.


  2. tolong minta versi lengkapnya…..thanks


  3. gmn cara memperoleh skripsi tsb, thanks…
    ditunggu kbr nya


  4. gmn cara memperoleh skripsi tsb, thanks…
    ditunggu kbr nya


  5. soal skripsi dan penulisan ilmiah, stikes emang jagonya


  6. tolong dong, minta dowmload skripsinya



Tinggalkan komentar