h1

PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI RUMAH SAKIT ISLAM WONOSOBO

5 Mei 2009

GITA PADMA ZAKIYATI

ABSTRAKSI

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, persaingan antar rumah sakit baik negeri maupun swasta, saat ini telah menjadi wacana dan hal yang menarik bagi masyarakat. Hal inilah yang menjadi sebuah tantangan terbesar bagi bagian personalia rumah sakit untuk bisa meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan dan produktivitas sumber daya manusia yang dimiliki. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia yaitu dengan memberikan sebuah balas jasa berupa imbalan maupun penghargaan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompensasi terhadap produktivitas karyawan Rumah sakit Islam Wonosobo. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai kompensasi yang diberikan rumah sakit dan komponen kompensasi yang paling berpengaruh terhadap produktivitas serta bagaimana produktivitas karyawan yang dihasilkan.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Cross Sectional. Sedangkan populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan Rumah Sakit Islam Wonosobo sejumlah 191 dan jumlah sampel 130 orang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (kompensasi yang terdiri dari gaji dan tunjangan karyawan), sedangkan untuk variabel terikatnya adalah produktivitas. Penelitian ini menggunakan uji t test untuk mengetahui variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi produktivitas karyawan.

Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan hasil pengolahan data yang didapat adalah model Y’ = 30,863 + 0,269 + 0,723 dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,355 yang berarti bahwa kompensasi berpengaruh terhadap produktivitas sebesar 0,355 atau 35,5% dengan tingkat signifikasi 5%. Sehingga hipotesis yang penulis ajukan dapat terbukti yaitu ”Ada pengaruh dari kompensasi terhadap produktivitas karyawan di Rumah sakit Islam Wonosobo”. Sedangkan variabel bebas yang lebih berpengaruh atau lebih dominan mempengaruhi produktivitas adalah tunjangan karyawan. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung sebesar 7,860.

Kata kunci: Kompensasi, Produktivitas.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. minta tolong data lengkapnya …


  2. Minta tolong banget data lengkapnya…..makasih banyak


  3. hi,,,boleh ga minta datanya lengkap dengan metlitnya,,,klo blh tlg kirim by email di atas…thx y…


  4. minta yang lengkap nya dunk…



Tinggalkan komentar