h1

PENGARUH KONFLIK PERAN PERAWAT WANITA YANG TELAH BERUMAH TANGGA TERHADAP PRESTASI KERJA DI RUMAH SAKIT ISLAM WONOSOBO 2008

5 Mei 2009

NOVITA INDAH PUJI UTAMI

ABSTRAKSI

Seiring majunya jaman,kebudayaan jawa tentang peran seorang wanita di dunia kerja semakin diperhatikan. Dahulu yang mitosnya wanita hanya dapat berkuasa didapur, sekarang sudah mulai bergeser pikiran seperti itu. Sekarang wanita telah banyak menduduki jabatan-jabatan yang dulu tidak mungkin di duduki wanita seperti: menteri bahkan presiden. Tetapi bukan berarti wanita akan lupa akan kodratnya sebagai wanita, istri ataupun ibu, wanita harus mampu menyeimbangkan antara tugasnya di rumah tangga dan juga di kantor atau pekerjaan. Wanita tetap dituntut mempunyai prestasi baik dan tidak ada toleransi untuk masalah prestasi, begitu juga dirumah wanita dituntut dapat menjadi ibu dan istri yang baik bagi suami dan anaknya. Jika tidak dapat menyeimbangkan tugasnya tersebut maka akan menyebabkan stress pada wanita tersebut dan semua itu akan berpengaruh pada produktifitas dan prestasi kerja yang dihasilkan. Dari gambaran inilah sehingga judul dari penelitian ini adalah “PENGARUH KONFLIK PERAN PERAWAT WANITA YANG TELAH BERUMAH TANGGA TEHADAP PRESTASI KERJA DI RUMAH SAKIT ISLAM WONOSOBO”.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Cross Sectional. Sedangkan populasi yang digunakan adalah seluruh perawat wanita yang telah berumah tangga di Rumah Sakit Islam Wonosobo. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (konflik peran perawat wanita yang telah berumah tangga), sedangkan untuk variabel terikatnya adalah prestasi kerja. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan uji F untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari konflik peran terhadap prestasi kerja.

Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan hasil pengolahan data yang didapat adalah model Y’ = 99,082 – 0,465X dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,394 dengan tingkat signifikasi 5%. Sehingga hipotesis yang penulis ajukan dapat terbukti yaitu ”Ada pengaruh dari konflik peran wanita yang telah berumah tangga terhadap prestasi kerja di Rumah sakit Islam Wonosobo”. Sedangkan pengaruh dari konflik peran terhadap prestasi disini bersifat negatif

Kata kunci: konflik peran, perawat wanita yang telah berumah tangga, prestasi kerja.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

5 komentar

  1. blhkah saya minta lengkapnya untuk bahan referensi saya….saya juga berminat untuk ambil tema ini dalam kti saya.terima kasih….


  2. bu .. boleh minta d kirim .. sy mau buat skripsi dgn tema ini ..
    mhn berkenan membantu ..
    makash ^.^


  3. saya tlg dikirim softfilenya


  4. Saya mnt tlg dikirimin softfilenya untuk reverensinya
    makasih


  5. kebetulan saya mau skripsi dengan tema yang sama, bisa minta lengkapnya untuk bahan dan reverensi?



Tinggalkan komentar