h1

PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI RSD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL TAHUN 2008

5 Mei 2009

NINA KURNIASIH

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja perlu adanya motivasi kerja. Motivasi merupakan kekuatan pendorong yang akan mewujudkan suatu perilaku guna mencapai tujuan kepuasan dirinya. Manusia akan didorong untuk memenuhi kebutuhan yang palingkuat sesuai waktu, keadaan dan pengalaman yang bersangkutan mengikuti suatu hierarki. Kebutuhan pertama yang harus dipenuhi adalah kebutuhan fisiologis. Setelah kebutuhan pertama dipuaskan kebutuhan yang lebih tinggi berikutnya akan menjadi kebutuhan utama yaitu kebutuhan akan rasa aman dan kebutuhan ketiga akan muncul setelah kebutuhan kedua terpuaskan. Proses ini berjalan terus menerus sampai terpenuhinya kebutuhan aktualisasi diri.

Tujuan : untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di RSD Panembahan Senopati Bantul.

Metode : Jenis Penelitian dengan cross sectional. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 81 karyawan.

Hasil : Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan dengan hasil F hitung > F tabel (152,268 > 3,98), sedangkan P < α (0,000 < 0,05) maka signifikan.

Kesimpulan : Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di RSD Panembahan Senopati bantul

Kata kunci : Motivasi Kerja, Produktivitas Kerja

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan komentar