ANALISIS PELAYANAN JASA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL
5 Mei 2009Khusnatul Ismiyah
ABSTRAKSI
Kepuasan pasien adalah respon pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian (disconfirmation) yang dirasakan antara harapan sebelumnya (atau norma kinerja lainnya) dan kinerja aktual produk yang dirasakan setelah pemakaiannya. Sehingga, kepuasan pasien merupakan hal yang paling penting bagi Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSD Panembahan Senopati Bantul
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah rata-rata pasien yang berobat di bangsal kelas III per bulan dalam jangka waktu satu tahun terakhir di RSD Panembahan Senopati bantul yaitu 1736 pasien dan sampel diambil dengan metode Purposive sampling sebanyak 110 responden. Data dikumpulkan menggunakan studi pustaka, dan kuesioner. Variabel diukur menggunakan skala likert
Pengolahan data dengan program SPSS 11.5 dengan analisis rata-rata hitung dan pengujian hipotesis dengan korelasi produc moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pasien Rawat inap kelas III Di RSD Panembahan Senopati Bantul Puas dengan Pelayanan Jasa yang telah diberikan oleh pihak Rumah Sakit.
Kata Kunci : Pelayanan Jasa Kesehatan, Kepuasan Pasien
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda
Tinggalkan komentar