h1

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH (2,5 – 5 TAHUN) DI PLAY GROUP ’AISYIYAH PANDES WEDI KLATEN

8 Mei 2009

Feri Catur Yuliani

ABSTRAKSI

Anak adalah individu yang unik dan bukanlah miniatur orang dewasa, anak memerlukan perhatian khusus untuk optimalisasi tumbuh kembang. Penelitian dilaksanakan bulan Mei 2008 yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia prasekolah di Play Group ‘Aisyiyah Pandes Wedi Klaten. Penelitian ini deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 31 anak di Play Group ‘Aisyiyah Pandes Wedi Klaten. Pengambilan sampel dengan total sampling. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif dan untuk mencari hubungan digunakan analisis korelasi Kendal tau.

Pola asuh di Play Group ‘Aisyiyah Pandes Wedi Klaten pada umumnya cukup 83,9% dan perkembangan anak normal 90,3%, ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia prasekolah di Play Group ‘Aisyiyah Pandes Wedi Klaten, terbukti dari hasil analisa korelasi Kendal tau didapatkan  nilai correlation coefficien sebesar 0,786 dan zhitung 6,24 > ztabel 2,58 dengan tingkat signifikansi (p) yang besarnya 0,000 hal ini menunjukkan bahwa nilai p < 0,010 berarti bahwa terdapat hubungan yang positif sebesar 0,786 atau 78,6% antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak, sehingga Ho ditolak, artinya ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anaknya.

Kata Kunci : Pola asuh, Perkembangan, Anak usia prasekolah

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

21 komentar

  1. Maaf mas/mbak admin,perkenalkan saya mahasiswa semester akhir di stikes buleleng.
    Saya ingin mengutip tentang skripsi ini, apa bisa dikirim ke email saya?
    Terimakasih


  2. Assalamualikum,,,

    Mf maz sebelumya saya mahasiswa kebidanan tingkat 3,bolehkah saya minta izin untuk mengutip penelitian anda sebagai tambahan referensi saya,, trimakasih


  3. as, saya sedang mencoba meneliti pola asuh orangtua pada anak usia prasekolah juga namun di kelurahan mampang-jakarta,bolehkah saya minta penelitian anda selengkapnya untuk sebagai acuan penelitian saya dan teman-teman..

    atas kesediaannya kami ucapkan terima kasih


  4. saya juga mau minta boleh???


  5. maaf mz.. boleh minta data lengkapx “Hubungan pola asuh orang tua dg perkembangan motorik kasar ank”? bwt contoh pnelitian saya?


  6. slamat sore bu fery. . maaf bu sebelumnya bolehkah saya minta ijin untuk mengutip penelitian anda sebagai tambahan bahan referensi dalam skripsi saya. . . sebelumnya terimakasih. .


  7. malam,sy tertarik judul ini ,bagaimana carax sya bsa dpat bhan ini sbagai referensi.


  8. assalamualaikum…
    kak kebetulan sya ambil pnelitian ttag pola asuh,bolehkah sya minta file nya sbgai acuan sya untk mengerjakan pnelitian ini.
    trma ksih


  9. Assalamualaikaum….. mas saya sedang meneliti pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak prasekolah. bolehkah saya meminta penelitian mas selengkapnya untuk sebagai acuan penelitian saya. thank…


  10. mas, saya sedang meneliti tentang pola asuh orang tua, bolehkah saya minta penelitian anda selengkapnya sebagai referensi saya…

    sebelumnya terima kasih


  11. selamat sore, saya sedang meneliti hubungan pola asuh orang tua pada anak usia todler, bolehkah saya minta penelitian selengkapnya sebagai acuan saya..
    sebelumnya terima kasih banyak


  12. mas saya sedang meneliti tentang pola asuh ortu pada anak
    tlg krmkn file lengkapny donk


  13. selamat malam mas,,,saya mahasiswa tingkat 4 akan meneliti tentang perkembangan anak boleh saya minta penelitian anda selengkapnya,,,untuk acuan penelitian saya?


  14. saya sedang melakukan penelitian ttg hubungan pola asuh dengan perkembangan anak usia prasekolah(3-5th),bolehkah saya minta penelitian anda selengkapnya sbg acuan penelitian saya?
    terimakasih..


  15. Dear Mbak Feri apakah boleh saya minta kopi karya ilmiah anda utk mendukung referensi riset saya.thanks


  16. askum, met siank mas sy ari mhsiswa tk3 saat ini saya meneliti dengan judul yg sama dg penelitian anda..
    bolehkah saya mendapat penelitian anda selengkapnua?
    jika tidak mungkin anda dapat membagi referensi apa saja yang dapat saya gunakan…….. mohon secepatnya untuk dapat di tanggapi
    thx sebalumnya,,,,


  17. met pagi,,
    Saya mahasiswa yg sdg meneliti hub. Pola asuh ortu terhadap perkembangan anak.
    Bolehkah saya minta penelitian anda Selengkapnya,,,untuk acuan penelitian saya,

    Sebelumnya terimakasih,,


  18. terima kasih atas tanggapanya. saya kuliah di Bali n tdk py rekan ato kel di jogja. gimana kalo saya kirim uang saja untuk diketikan untuk saya. tapi boleh saya tanya kira2 kapan saya bs dpt hasilnya, sori agak buru2 krn awal desember saya sudah maju ujian poposal. kemana saya kirim uang ada no rek?


  19. selamat sore, saya sedang melakukan penelitian tentang hubungan pola asuh orang tua dengan tumbuh kembang motorik kasar dan motorik halus usia todler. boleh saya minta penelitian selengkapnya sebagai bahan acuan saya.
    sebelumnya terima kasih banyak


  20. slmt siang..sya seorang mahasiswa tingkat4 ingin mengadakan penelitian tentang pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak,bolehkah saya minta penelitian anda selengkapnya untuk sebagai acuan penelitian saya dan teman-teman..

    atas kesediaannya terima kasih


  21. slamat sore,

    mas, saya sedang mencoba meneliti pola asuh orangtua pada anak usia prasekolah juga namun di kelurahan mampang-jakarta,bolehkah saya minta penelitian anda selengkapnya untuk sebagai acuan penelitian saya dan teman-teman..

    atas kesediaannya kami ucapkan terima kasih



Tinggalkan komentar