h1

HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BP & RB CITRA PARAMEDIKA WATES KULON PROGO

8 Mei 2009

PANCA WURI HASTUTI

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Menjalin hubungan yang baik antara perawat dan klien mutlak diperlukan dalam upaya memperlancar pelaksanaan tugas perawat dan klien sehingga pasien puas dengan pelayanan yang diberikan. Hubungan yang terapeutik akan terwujud dengan adanya interaksi yang terapeutik antara keduanya. Interaksi itu harus dilakukan sesuai tahapan baku komunikasi terapeutik yaitu tahap pra interaksi, orientasi, tahap kerja, dan tahap terminasi.

Tujuan : Mengetahui hubungan antara pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien tentang komunikasi terapeutik di BP & RB Citra Paramedika Wates Kulon Progo.

Metode : Penelitian diskriptif korelasional, dilaksanakan tanggal 1 – 9 Februari 2008, Jumlah sampel untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi terapeutik sejumlah 20 responden dan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien sejumlah 40 pasien. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji Korelasi Spearman Rho.

Hasil : Dengan nilai probabilitas antara pelaksanaan komunikasi dengan kepuasan pasien diperoleh hasil 0,001 berada jauh di bawah nilai alpha 5 %.

Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien.  

Saran : Perawat dan bidan di BP & RB Citra Paramedika dapat meningkatkan pelaksanaan komunikasi terapeutik sehingga meningkat juga kepuasan pasien.

Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

19 komentar

  1. minta contoh kuesioner komunikasi terapiotik ,, ya ,,


  2. minta daftar pustaka jurnal diatas ada nggak ???


  3. tolong dong aku butuh contoh skripsi hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien


  4. mba/ mas, aku minta jurnal sekripsnya dong. tolong ya kirim ke email saya. terimakasih.


  5. mas /mbak boleh ga ya aq minta keseluruhan skripsinya mbak buat tugasku,saya tertarik dengan judul anda.makasih


  6. tolong donk,,lampirkan isi skripsinya yg lengkap,,,!!!please,,,


  7. mohon bantuan donng… di send skripsnya…
    terimkasih sebelumnya..


  8. please send back ke aku ya softcopy jurnal ini,,lagi butuh banyak jurnak uk nyusun skripsi,,thx ya.


  9. Selamat pagi mbak/mas..
    saya sangat tertarik dengan tulisan diatas..
    boleh saya konsultasi lebih lanjut dengan yang bersangkutan untuk dapat membantu saya dalam menyelesaikan skripsi saya dan juga sebgai referensi tambahan untuk penulisan skripsi saya? mohon dibalas…
    trmksh sblmnya..


  10. Mbak, bisa kirimkan filenya ke email saya?Tulisannya bagus, saya ingin yahu keseluruhannya untuk bahan referensi skripsi saya, thanks.


  11. mas/mbak boleh gak aku minta file skripsi tentang Komunikasi perawat dengan pasien..


  12. tolong bisa ga skripsi ini dikirim ke email aku. bagus loh,,,


  13. Pak / Bu, saya sedang menyusun skripsi tentang komunikasi terapeutik dengan tinhkat kepuasan pasien, kalau boleh saya minta tolong dikirim ke email saya buat contoh saya,trima kasih


  14. mas mau tanya boleh ngak skiripnya di kirim di alamat email sy sebagai referensi untuk skripsi sy di makassar.


  15. mbak,skripsinya bagus blh ga aku mnta skipsix buat nambah2 refrensi aku,kalo bs kirimke email aku ya mbak.. makasi sebelumx..


  16. selamat sore
    mba,saya Rina mahasiswa FKep Unpad sedang memyusun skripsi ttg komunikasi terapeutik. Bila tidak keberatan saya mohon mba bisa mengirimkan jurnal penelitiannya ke email saya.
    atas perhatiannya saya ucapkan tks

    Rinawati


  17. bagus bgd,..pgen punya ini smua.tlg dumz kirimin ke emailQ,.makasi sblmY


  18. skripsinya bagus boleh donk aku tahu keseluruhannya untuk bahan referensi ku membuat karya tulis ilmiah, thanks.


  19. Mas/mbak,boleh ga aku minta contoh skripsinya buat referensi pembuatan skripsi saya di Toraja.Kalo bisa ,tolong kirim ke email saya Makasih.



Tinggalkan komentar