h1

HUBUNGAN PEMAKAIAN KOMPUTER DENGAN PENURUNAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA SISWA TEKNIK INFORMATIKA KOMPUTER SMK NEGERI 1 PONOROGO

8 Mei 2009

M. Dheti Siswardani

ABSTRAKSI

Latar belakang: Komputer sebagai perangkat teknologi, dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi penggunanya. Studi pendahuluan  pada tanggal 29 Januari 2008, didapatkan data keseluruhan jumlah populasi adalah 113 siswa, yang meliputi 79 siswa kelas 1 dan 34 siswa kelas 2.  Studi pendahuluan kepada 9 siswa kelas 2 Teknik Informatika Komputer SMK Negeri 1 Ponorogo memperoleh hasil 55,56% (5 siswa) mempunyai visus normal, 22,22% (2 siswa) mengalami penurunan tajam penglihatan 33%, dan 22,22% (2 siswa) mengalami penurunan tajam penglihatan 70%, tanpa kaca mata.

Tujuan: Mengetahui hubungan pemakaian komputer dengan penurunan ketajaman penglihatan pada siswa Teknik Informatika Komputer SMK Negeri 1 Ponorogo.

Metode: Rancangan penelitian adalah deskriptif dengan metode korelasi dan pendekatan cross sectional. Sampel diambil berdasarkan proportional stratified random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Ponorogo.

Hasil: Koefisien korelasi sebesar 0,321 dan nilai signifikansinya yaitu 0,000, nilai p<0,01 berarti bahwa terdapat hubungan positif sebesar 0,321 atau 32,1% antara pemakaian komputer dengan penurunan ketajaman penglihatan.

Kesimpulan: Sebagian besar responden (30 orang) dengan pemakaian komputer rendah mempunyai visus normal, dua pertiga responden (21 orang) pemakaian komputer sedang mempunyai tajam penglihatan hampir normal, dan 1 responden pemakaian komputer tinggi mempunyai tajam penglihatan kurang sedang.

Kata kunci: Komputer, Ketajaman Penglihatan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

30 komentar

  1. Boleh minta data lengkapnya ga?


  2. Admin.. boleh minta file lengkapnya untuk membantu melengkapi refernsi tambahan skripsi saya. kirim ke emailku admin. terimakasih banyak sebelumnya…


  3. Saya tertarik dengan skripsi tentang ketajaman mata ini, bisa kirimkan data selengkapnya langsung ke email? Terima kasih…


  4. Mintak tolong kirimin file lengkapnya plus kuesioner untuk tambahan referensi penyusunan skripsi saya. kirimnya ke email sya. terimakasih


  5. boleh minta arsip penelitian hubungan pemakaian komputer dengan penurunan ketajaman penglihatan pada siswa teknik informatika komputer smk negeri 1 ponorogo,karena saya lagi meneliti judul yang sama.
    terima kasih atas bantuan dan pengertiannya.
    kalau bisa kirim lewat email aja yah


  6. boleh saya minta file lengkap HUBUNGAN PEMAKAIAN KOMPUTER DENGAN PENURUNAN KETAJAMAN PENGLIHATAN sebagai referensi saya menyusun skripsi?? kalau bisa kirim lewat email aja. terima kasih


  7. Boleh minta file lengkap ny gax,?


  8. Bisa minta data lengkapnya g,….. makasih


  9. Apa boleh minta softcopy lengkapnya? Bagaimana caranya? Sy tertarik dg judul ini untuk dibuat referensi skripsi, trims


  10. minta dat lengkapnya yaa..


  11. boleh minta file lengkapnya yach soalnya aku butuh banget buat proposal aku


  12. maaf boleh minta data lengkap tentang ini tidak? untuk dijadian acuan dan refrensi untuk KTI saya..


  13. bisa minta yang lengkap ya… saya lagi penelitian tentang ini.


  14. minta yang lengkap dong datanya tentang penelitian penurunan ketajaman penglihatan yang di akibatkn oleh komputer soalnya aqu butuh banget buat penyelesaian tugas aqu… makasih atas perhatian n pengertian nya .


  15. ASS,,, minta yang lengkap donk,,, kebetulan saya lagi penelitian tentang ini,, sebagai acuan saya dalam penelitian, makasih,,, wss,,


  16. .boleh saya minta file lengkap HUBUNGAN PEMAKAIAN KOMPUTER DENGAN PENURUNAN KETAJAMAN PENGLIHATAN sebagai referensi saya menyusun skripsi??
    .kalo bisa secepatnya
    .trims


  17. saya juga tertarik dengan refrensi skripsi ini tolong kirim ke e-mail saya cara mendapatkannya

    thank’s


  18. boleh saya minta HUBUNGAN PEMAKAIAN KOMPUTER DENGAN PENURUNAN KETAJAMAN PENGLIHATAN….buat referensi skripsi saya.


  19. boleh minta file lengkapnya, sbagai panduan untuk sy krn sy lg meneliti judul yang sama dgn saudara… terimah kasih atas bantuannya..


  20. saya tertarik dengan judul ini.boleh saya minta data tentang skirpsi ini selengkapnya.
    tolong kirim ke imail saya.secepatnya


  21. boleh saya minta data skirsi lengkap tentang hubungan pemakaian komputer dengan penurunan ketajaman penglihatan pada siswa teknik informatika komputer SMK N 1 ponorogo karna saya meneliti judul yang sama. terima kasih. kalo bisa lewat email.


  22. boleh saya minta file ini selengkapnya karna saya meneliti judul yg sama…saya minta tolong dengan sangat. kalaw bsa lewat email saya. terima kasih banyak.


  23. maaf,,klo boleh sya minta file lengkapnya.
    saya lagi meneliti judul yang sama.
    nanti dikirim k emailqu ajj.makasih.


  24. maaf sebelumnya… sy boleh minta file lengkapnya, sbagai panduan untuk sy krn sy lg meneliti judul yang sama dgn saudara… terimah kasih atas bantuannya..


  25. tolong donk minta data skripsi yang lengkap karena saya meneliti judul yang sama


  26. boleh minta skripsi lengkap tentang judul anda??? karena saya sedang menyusun skripsi, tolong blas di e-mail saya??? trims banyakkkk…


  27. boleh minta skripsi hubungan pemakaian komputer dengan penurunan ketajaman penglihatan pada siswa teknik informatika komputer smk negeri 1 ponorogo yang lengkapnya???saya tertarik dengan skripsi ini karena sedang cari cari bahan. trimakasih.


  28. sore….maaf sebelumnya,,nama saya intan permata dari fakultas kedokteran universitas mataram NTB,,sekarang saya mau menyusun skripsi,,dan saya kebetulan meneliti tentang visus pada pengguna komputer,,boleh ndak saya minta file lengkap tentang penelitian saudara???sebagai acuan saya nantinya,,terimakasih sebelumnya, terimakasih banyak atas kerjasamanya.


  29. boleh minta data skripsi lengkap tentang hubungan pemakaian komputer dengan penurunan ketajaman penglihatan pada siswa teknik informatika komputer smk negeri 1 ponorogo karena sya lagi meneliti judul yang sama.terima kasih


  30. boleh minta arsip penelitian hubungan pemakaian komputer dengan penurunan ketajaman penglihatan pada siswa teknik informatika komputer smk negeri 1 ponorogo,karena saya lagi meneliti judul yang sama.
    terima kasih atas bantuan dan pengertiannya.
    kalau bisa kirim lewat email aja.



Tinggalkan komentar