h1

HUBUNGAN SUPPORT SYSTEM (DUKUNGAN) SOSIAL DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE OPERASI SECTIO CESAREA DI RUANG ANGGREK BRSD “ RAA SOEWONDO ” PATI

8 Mei 2009

Oleh : Priyadi

ABSTRAKSI

Proses perawatan di rumah sakit seringkali mengabaikan aspek-aspek psikologis, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan psikologis bagi pasien yang salah satunya kecemasan. Kecemasan yang sering terjadi adalah apabila pasien harus menjalani pembedahan di rumah sakit. Pembahasan tentang reaksi-reaksi pasien terhadap pembedahan sebagian besar terfokus pada hubungan antara kecemasan, persiapan pembedahan dan proses penyembuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti “Hubungan Support System (Dukungan) Sosial dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Sectio Cesarea di Ruang Anggrek BRSD “RAA Soewondo” Pati.

Penelitian ini merupakan penelitian non experimental dengan pendekatan crass sectional, dengan mengambil lokasi di Ruang Anggrek BRSD “RAA Soewondo” Pati. Metode pengambilan sampel dengan total sampling, uji analisis pada penelitian ini adalah correlate bivariate spearmen rank.

Hasil penelitian yang didapat menggambarkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara Support System (Dukungan) Sosial dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi dengan nilai Signifikasi (r) 0,000 dimana nilai r < 0.05 maka terjadi penolakan Ho.

Kata kunci : Support System (Dukungan) sosial, tingkat kecemasan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. Penelitian yg bagus, boleh dong minta yg lengkap, bagi2 ilmu kan pahala hehehee… makasih sebelumnya.


  2. Ingn dptkan lengkapnya,apa bisa..?Trm ksh



Tinggalkan komentar