h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI DESA KRADENAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG

8 Mei 2009

ABSTRAKSI

Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai sejak dalam kandungan, masa bayi, Balita dan anak-anak hingga dewasa. Pemberian ASI merupakan cara terbaik bagi peningkatan kualitas SDM sejak dini. Pemberian ASI berarti memberikan zat-zat  gizi yang bernilai tinggi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan syaraf dan otak, memberikan zat kekebalan terhadap beberapa penyakit dan mewujudkan ikatan emosional antara Ibu dan bayinya. Kecenderungan penggunaan ASI Eksklusif yang kian menurun disebabkan oleh berbagai hal yaitu, salah satunya meningkatnya promosi susu botol dan cepat penyapihan pada bayi, selain itu dipengaruhi pula oleh keadaan sosial ekonomi keluarga yang kurang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap ibu dengan praktik pemberian ASI eksklusif di Desa Kradenan wilayah kerja Puskesmas Srumbung, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat observasional menggunakan rancangan cross sectional. Penelitian dilakukan pada sejumlah 40 ibu  dari sejumlah 185 ibu sebagai populasi. Alat pengumpul data berupa kuesioner, sedangkan alat analisis menggunakan statistik univariat berupa tabulasi dan persentase serta statistik bivariat berupa Chi-square pada taraf signifiakansi 5%.

Karakteristik ibu berdasarkan tingkat pendidikan sebagian besar SLTP (55,0%), pekerjaan sebagian besar ibu rumah tangga (47,5%), status ekonomi sebagian besar pengeluaran lebih dari Rp 500.000 per bulan (72,5%), dorongan petugas kesehatan sebagian besar ada (90,0%), dorongan keluarga sebagian besar ada (87,5%). Pengetahuan ibu  sebagian besar baik (90,0%), Sikap ibu tentang praktik pemberian ASI ekslusif sebagian besar baik (75%). Praktik pemberian ASI sebagian besar ASI ekslusif (70,0%). Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan praktik pemberian ASI ekslusif (p 0,038 < 0,05). Ada hubungan antara sikap ibu dengan praktik pemberian ASI ekslusif  (p 0,026 < 0,05). Semakin baik pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI ekslusif, maka praktik pemberian ASI eksklusif semakin baik pula.

Kata kunci : Tingkat pengetahuan, sikap, ASI eksklusif, Chi-square

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

5 komentar

  1. boleh minta naskah lengkapnya n daptar pustaka?????


  2. boleh minta bahan lengkapnya? tolong kirim ke email saya. thanks


  3. boleh minta contoh kuesioner yang yang berhubungan dengan hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif nggak????terima kasih . . . . ^ ^


  4. Sy lg ada tgas riset. Bleh mnta tlng krimkan ke E-mail sy nda???


  5. boleh minta naskah lengkapnya n dapusnya gak??
    terima kasih



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 169 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: