h1

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA FASE INTENSIF PADA PENDERITA TB DI PUSKESMAS PRACIMANTORO WONOGIRI JAWA TENGAH

10 Mei 2009

OLEH : WARSITO

ABSTRAK

Latar Belakang : Tuberkulosis paru (TB paru) adalah jenis penyakit kronis yang masih menjadi masalah kesehatan dunia. Di Indonesia sendiri terjadi peningkatan kasus dari tahun ke tahun. Dukungan sosial keluarga sangat berpengaruh terhadap kepatuhan minum obat pada fase intensif pada penderita TB.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kepatuhan minum obat pada fase intensif pada penderita TB di Puskesmas Pracimantoro Wonogiri Jawa Tengah

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian adalah dengan menggunakan kuesioner dukungan sosial yang berjumlah 17 pertanyaan dan kuesioner kepatuhan minum obat berjumlah 10 pertanyaan. Analisis data yang digunakan dengan komputasi SPSS 11.0 for windows dengan uji korelasi Chi Square.

Hasil Penelitian : Ada hubungan yang positif dan bermakna antara dukungan sosial keluarga dengan kepatuhan minum obat pada fase intensif pada penderita TB paru dengan p value 0,000 < 0,05 dan coefisien contingensy (C) sebesar 0,707. Hasil pengukuran dukungan sosial yang termasuk kategori tinggi sebanyak 30 responden (75%), yang termasuk kategori sedang sebanyak 6 orang (15%), dan yang termasuk kategori rendah sebanyak 4 responden (10%). Kepatuhan minum obat juga terlihat baik yaitu sebanyak 36 orang (90%) patuh minum obat dan hanya 4 orang (10%) yang tidak patuh minum obat.. Kesimpulannya : Ada hubungan yang sangat bermakna antara dukungan sosial keluarga dengan kepatuhan minum obat pada fase intensif pada penderita TB di Puskesmas Pracimantoro Kabupaten Wonogiri.

Kata Kunci : Dukungan Sosial Keluarga , Kepatuhan Minum Obat, Penderita TB
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

26 komentar

  1. assalammualaikum,saya vina,saat ini saya dalam proses mengerjakan skripsi tapi saya kurang refrensi ,oleh karen itu saya mu mnta bantuan untuk mengirimkan file tentang tb ke alamat email sya, makasih


  2. mas boleh minta file lengkapnya??
    mau mempelajari metode penelitiannya..
    makasih


  3. selamat siang pak Warsito. maaf mengganggu. saya mahasiswa psikologi, saat ini sedang menyusun skripsi tentang dukungan sosial. saya baca judul punya bapak. dan saya tertarik. apakah saya bisa minta tulisan bapak yang lengkap? terima kasih sebelumnya.


  4. pa warsito gmn caranya saya bisa mendapatkan skripsi ini??/


  5. asalmkum,,sy mhsiswa kep.sdng dlm pmbuatan skirpsi tntang kasus tb paru,,mohon dikirim yg lngkapx ke email sy pak..untuk tambah2an referensi sy,..sy ucpkan terima kasih atas bantuanx..


  6. assalamualaikum….
    maaf saya mahasiswi semester 8 dan sedang membutuhkan informasi angket tentang dukungan sosial.sekiranya bapak berkenan membantu saya akan sangat berterimakasih..tolong kirim file nya ke email saya pak..terima kasih sebelumnya


  7. aslmualaikum pak..sy boleh minta skripsi lngkp gk pa sbgai contoh dlm pnyusunan skripsi sy??? trmh kasih pak


  8. Asslmkm.wr.wb..maaf pak warsito..saya yulia mahasiswa keperawtan unand, saat ini jdl skripsi saya b’hubgn degn kepatuhan pasien TB dalm m’konsumsi obat..bsa tlong d krimkan skrispi lngkap bpk k email saya pak??sbgai referensi bgi saya pak..trimksh sblumx pak..


  9. assalau’alaikm…..
    saya mahasiswa keperawatan semester 7, yang saat ini dalam proses skripsi tentang TB paru,tapi saya masih kekurangan referensi. sedangkan judul saya tentang “faktor2 yang pengawas minum obat (PMO) pasien TB paru di wilayah kerja Puskesmas K”,,,,,
    siapa tahu bapak bisa bantu untuk penambahan referensi saya, kalau bisa bapak bisa kirim lewat e-mail saya,,,,


  10. Assalamualaikum..!!!!!

    pak..saat ini mahasiswi semester 7,saya sedang mengajukan judul skripsi tentang dukungan keluarga dengan keteraturan minum obat TB paru, saya minta bantuan bapak untuk mengirim file lengkap ke alamat email saya, sebagai refrensi saya, trimakasih sebelumnya.


  11. Assalamualaikum..!!!!!

    salam kenal pak..saat ini mahasiswi semester 7,saya sedang mengajukan judul skripsi tentang dukungan keluarga dengan keteraturan minum obat pada pasien TB paru, saya minta bantuan bapak untuk mengirimkan file lengkap ke alamat email saya sebagai bahan refrensi,,, trimakasih sebelumnya.


  12. Assalamualaikum..!!!!!

    salam kenal pak..saat ini mahasiswi semester 7,saya sedang mengajukan judul skripsi tentang dukungan keluarga dengan keteraturan minum obat TB paru, saya minta bantuan bapak untuk mengirim file lengkap ke alamat email saya, sebagai refrensi saya, trimakasih sebelumnya.


  13. boleh gak minta dikirimkan skripsinya yang lengkap ke E-mail aku?


  14. Assalamualaikum..
    salam kenal pak warsito..saat ini saya sedang mengajukan judul skripsi tentang kepatuhan minum obat TB..kalau bapak berkenan saya berharap bapak dapat mengirim skripsi bapak yang lengkap sebagai bahan referensi saya. terima kasih banyak bapak warsito dan saya sangat berharap balasan dari bapak.
    wassalam..


  15. Saya boleh tidak minta lengkapnya untuk dijadikan contoh dalam membuat skripsi


  16. assw..saya mencari data mengenai TB dengan dukungan keluarga..


  17. assalamualaikum…
    saat ini saya sedang mengambil skripsi. skripsi saya mengenai efikasi diri dan kepatuhan minum obat pada penderita diabetes melitus. sehubungan dengan itu saya minta bantuannya agar bapak bersedia untuk membantu saya dengan mengirimkan file atau soft copy nya dari skripsi tentang : dukungan sosial keluarga terhadap kepatuhan minum obat pada fase intensif pada penderita TB di puskesmas pracimantoro wonogiri jawa tengah. sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan semoga cepat dibalas.
    wassalmualaikum.


  18. assalamualaikum
    salam kenal pak warsito, saya kebetulan kerja di puskesmas dan sekarang diberi tugas sebagai programer TB, saya minta bantuan bapak untuk mengirimkan file lengkap ke alamat imel saya, sebagai referensi saya kerja di puskesmas
    terima kasih


  19. karena keterbatasan waktu untuk riset, tolong kirimin yang lengkap donk tentang dukungan sosial keluarga terhadap kepatuhan minum obat fase insentif pada onderita TB, klo ga hubungan pengetahuan dengan penyalahgunaan napza


  20. saya minta tolong di kirimkan skripsi ini via e_mail


  21. aslmkm. sya mnta tlong referensi ttg dukungan kelaurga dg kepatuhan berobat…skrng sudah mepet bwt skripsi. sya sudah dalam bab pembahasan. mohon bantuan n trima kash y.


  22. asslamualaikum….saat ini saya sedang menjalankan proposal saya untuk skripsi dan saya mengalami sedikit kesulitan untuk mencari literatur yang berkaitan dukungan sosial keluarga,mohon bapak bersedia membantu kalau bisa kirim ke alamat email saya file lengkap dari skripsi bapak…terima kasih sebelumnya..


  23. ass… pak saya lagi butuh referensi tentang dukungan sosial keluarga dengan kepatuhan minum obat pada fase intensif pada penderita TB Paru…


  24. ass.
    salam kenal pak warsito, saya farida mahasiswa psikologi insya allah semester akhir.
    sekarang ni saya sedang menjalanka proposal untuk skripsi yg judulnya hubungan antara dukungan sosial orang tua terhadap kepercayaan diri pada remaja yang bermasalah. saya sedikit kesulitan menemukan teori mengenai dukungan sosial orang tua, karena yang saya temukan kebanyakan dukungan sosial saja. siapa tau bapak bisa bantu memberi tahu referensinya, karena dosen saya minta yang detile pak…. diharapkan bantuannya pak… wass.


  25. assalamualaikm,,,
    saya sedang mengaju kn judul skripsi mengenai TB
    klo boleh saya mnta tolong dkrmkn skripsi ini via email
    soalna msh butuh byk referensi
    sblm n sdudah saya ucapkn trima kasiiih…
    pliiiz dtungggu segera


  26. assalamu’alaikum.wr.wb
    saat ini saya dalam proses mengerjakan skripsi tapi saya masih kurang refrensi. sehubungan dengan itu saya minta kalau bisa dikirimkan ke alamat email saya file lengkap dari skripsi tentang “dukungan sosial keluarga terhadap kepatuhan minum obat pada fase intensif pada penderita TB di puskesmas pracimantoro wonogiri jawa tengah.kalau bisa BAB I, II, III, IV. terimakasih sebelumnya & semoga cepat di balas.



Tinggalkan komentar