h1

PENGARUH MANDI RENDAM PADA BAYI BARU LAHIR TERHADAP KEJADIAN HIPOTERMI DI BIDAN DIDIEN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

15 Juli 2009

INTISARI

Yusna Rifani

Hipotermi merupakan salah satu penyebab morbiditas dan mortalitas pada neonatal. Menurut laporan LB3 Dinkes Subdinbindal Yogyakarta 2003 angka kematian bayi sebesar 281 dari 23,53/1000 kelahiran hidup. Saat ini telah dikembangkan tindakan untuk mencegah hipotermi pada neonatal yaitu dengan menunda memandikan sampai suhu tubuh stabil. Namun masih ada beberapa Rumah Sakit ataupun Bidan yang menggunakan prosedur memandikan neonatal dengan mandi rendam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mandi rendam pada neonatal terhadap kejadian hipotermi. Tempat penelitian dilakukan di Bidan Didien Godean, Sleman, Yogyakarta dan dilaksanakan pada bulan November – Desember 2007. Populasi yang digunakan adalah setiap bayi baru lahir secara spontan, bayi lahir cukup bulan dan berat badan lahir lebih atau sama dengan 2500 gram sebanyak 37 responden. Sampel yang diambil sebanyak 30 responden dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 15 responden kelompok eksperiment dan 15 responden kelompok kontrol serta sesuai dengan kriteria yaitu bayi baru lahir spontan, bayi lahir cukup bulan dan berat badan lahir lebih atau sama dengan 2500 gram.

Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan desain penelitian eksperiment semu (Quasy experiment) dengan menggunakan instrumen lembar observasi untuk mencatat hasil pengukuran suhu tubuh bayi baru lahir dan termometer suhu tubuh. Di uji dengan menggunakan uji Paired test.

Hasil penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan antara kelompok eksperiment dan kelompok kontrol terhadap kejadian hipotermi. Akan tetapi perbedaan tersebut tidak sebanyak pada kelompok eksperiment. Pada bayi baru lahir mandi rendam sesudah dikeringkan dengan nilai p= 0,000 (p<0,05), 1 jam pertama sesudah mandi rendam p= 0,010 (p<0,05); 2 jam pertama sesudah mandi rendam p= 0,025 (p<0,05); 3 jam pertama sesudah mandi rendam p= 0,014 (p<0,05) maka Ho ditolak, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap kejadian hipotermi pada bayi baru lahir dengan mandi rendam.

Kata kunci : neonatal, hipotermia, mandi rendam.

About these ads

3 komentar

  1. mau mnta soft copy ny


  2. mksih atas infox, wah sring2 aj. aku jd rajin menjljah dunia maya nih berkat artikel2 nie.,


  3. minta tolong,say nie ada brpa variabel ya?
    apa cuma 1 variabel yg mempengaruhinya?
    mo dijadikan referensi,coz saya judulnya hampir sama dengan judul aq.
    mkch



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 171 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: