h1

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 3-5 TAHUN DI YK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL REJOSARI, LOROG, TAWANGSARI, SUKOHARJO JAWA TENGAH

15 Juli 2009

INTISARI

Puji Lestari

Anak merupakan generasi penerus bangsa, kalau anak-anak sehat maka bangsa pun akan sehat dan sejahtera. Kita semua menaruh harapan agar anak dapat tumbuh dan berkembang sebaik-baiknya, sehingga nantinya akan menjadi orang dewasa yang sehat fisik, mental, dan sosial sehingga dapat mencapai produktivitas sesuai dengan kemampuannya. Tetapi masalah status gizi sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan pada bulan  Februari ada beberapa siswa yang status gizinya baik tetapi tumbuh kembangnya tidak normal begitu sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar hubungan status gizi dengan tumbuh kembang anak.

Jenis penelitian ini adalh deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah siswa nol kecil tahun ajaran 2006/2007 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Rejosari, Lorog, Tawangsari, Sukoharjo. Besarnya sample yang diambil adalah 27 orang. Data dianalisis secara univariat yaitu analisis tiap-tiap variabel penelitian dengan menggunakan program SPSS

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 81,5 % responden tumbuh kembangnya normal dan terdapat hubungan status gizi dengan tumbuh kembang anak sebesar 0,770 atau sebesar 59,2% status gizi mempengaruhi tumbuh kembang anak, sedangkan 40,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci : status gizi, tumbuh kembang, usia 3-5 tahun

35 komentar

  1. Bsa krimkn filenya hubungan status gizi dengan tumbuh kembang anak usia 3-5 tahun??
    Klau bsa krimkn d’emailq
    husainsafaruni@gmail.com


  2. kak .. tlg blas kak


  3. kak boleh minta file nya tidak ? kirim k email saya ya ,. trima kasih sebelumnya


  4. mas, boleh ga minta file y ? soal nya saya lagi bikin skripsi dengan judul mas, tapi tempat dan umur nya berbeda… makasih sebelumnya..


  5. saya sangat butuh file lengkapna untuk proposal KTI saya…
    kirim ke email fb saya ya.. melalui message.. thnk 🙂

    fb : imposible ajah return’sp


  6. sistri saya sedang melakukan penelitian tentang gizi anak usia dini, minta tolong kirim file nya ke email saya, terima kasih


  7. maaf boleh minta file nya, istri saya sedang melakukan penelitian tentang gizi anak usia dini


  8. Saya juga sedang membuat skripsi yang judulnya mirip2 ini
    Bisa tolong dkirimin sripsi lengkap nya ke email saya?
    spy saya dapat gambaran nya..


  9. pagi,,,, mbk bisa minta file lengkapnya,,,,saya tertarik dengan penelitian mbk,,,,


  10. mba blh mnta full file na gak ttg status gizi terhdp tumbh kembang anak?? cz na saya lg bthin bgt,,,, tlg kirim k email. trim seblm na


  11. maaf, boleh minta filenya, kebetulan saya lagi menulis tentang tumbuh kembang anak, terima kasih sebelumnya.


  12. mbak bisa minta full filenya?
    balas segera ke email saya ya mbak,terimakasih 🙂


  13. mbak boleh minta filenya secara lengkap?kebetulan saya juga sedang menyusun skripsi mengenai status gizi balita,terimakasih

    segera balas ya mbak 🙂


  14. maaf boleh saya minta filenya mbk, kbtulan sya sedang menelitii perkembngan anak yg berhubungn dengan status gizi,,,, minta bantuannya mbak,,, jika bisa tolong kirim ke email saya ,,,,terimakasih


  15. mbk boleh minta file nya ngk..??


  16. mas,mbk bsa mnta file mngenai pengaruh ntrisi trhdap tumbh kmbang anak usia prasekolah???????alx q btuh bnget


  17. bisa minta file nya gk..???

    krim ke email saya donk, thanks…


  18. selamat sore,

    mba skripsinya bagus saya sedang meneliti ttg tumbang anak bisa tolong dikirimin filenya?

    atas kesediannnya, terima kasih


  19. selamat sore.. saya sedang meneliti hubungan kerusakan gigi dengan status gizi anak TK. Maukah anda mengirimkan penelitian anda selengkapnya sebagai acuan untuk penelitian saya? atas kemurahan hatinya, saya ucapkan terimakasih


  20. ASSLM………mbak bs minta di krim file skripsinya mba


  21. mas,mbak saya juga sedang meneliti tumbuh kembang anak secara motorik yang berhubungan dengan status gizi.boleh minta filenya untuk literatur?tolong kirim ke email.terimakasih


  22. waaa…saya tertarik dengan pembahasannya…bisa jadi bahan acuan skripsi saya…bisa tolong dikirim ke email saya gak?? makasi


  23. bisa kirimkan softcopy anda ke email saya.???


  24. ASSALAMU’ALAIKUM,aq tertarik banget dg penelitianmu,tlg di emailin’y yg lengkap tentang penelitianmu.jika bsa sama quisionernya juga.coz buat aq kaji lagi.thq.wasalam


  25. Mau dong……dikirimin skripsinya


  26. mbak,,sy trtarik dgn skripsinya..bsa mnta tlg dkrimin gk??


  27. Mas..
    Saya juga sedang membuat skripsi tentang hubungan status gizi dan tumbuh kembang..
    Bisa tolong dkirimin sripsi lengkap nya ke email saya?
    spy saya dapat gambaran nya..


  28. ms bsa mnta cntoh skripsi nya ngk n bsa krim k email sya ngkk??????mksih sblum ny


  29. ass….
    bisa minta tolong kirim soft data skripsi anda nggak?
    buat perbandingan, trimakasih sebelumnya


  30. Mbak, skripsinya bagus, boleh juga dong saya minta file skripsinya, karena saya juga mau teliti menngenai tumbuh kembang anak usia TK


  31. mas…
    tolong kirimin skripsi ini ke email saya bisa gak??
    tolong ya mas…
    makasih banyak…


  32. saya sedang meneliti tentang hubungan karakteristik ibu dengan status gizi balita. Boleh saya minta file skripsi yang berkaitan. Kalau ada tolong dikirik ke e_mail saya ya. Terima kasih


  33. sy jg tertarik skripsi ini.. bisa kirim filenya? terimakasih..


  34. saya sedang meneliti hubungan status gizi dengan perkembangan anak usia prasekolah, boleh tidak saya minta skripsi lengkap anda, terima ksih sebelumnya.


  35. slamat sore,

    mas, saya sedang mencoba meneliti pola asuh orangtua pada anak usia prasekolah juga namun di sidoarjo,bolehkah saya minta penelitian anda selengkapnya untuk sebagai acuan penelitian saya dan teman-teman..

    atas kesediaannya kami ucapkan terima kasih



Tinggalkan komentar