h1

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELURGA DENGAN TINGKAT KEPATUHAN LANJUT USIA DALAM MELAKSANAKAN SENAM LANSIA DI RW 04 GIWANGAN UMBULHARJO VII YOGYAKARTA

5 Januari 2012

Oleh: ANA FARIDA

ABSTRAK

Usia harapan  hidup yang meningkat memberikan dampak pada peningkatan  populasi lansia di Indonesia yang semakin menuntut pelayanan dan fasilitas kesehatan untuk menuju lansia yang bahagia, berguna dan berkulitas. Upaya peningkatan kesehatan tersebut diantaranya dengan didakan senam lansia, khususnya di RW 04 Giwangan UH VII Yogyakarta, namun masih banyak yang tidak mengikuti senam, dalam hal ini peneliti bermaksud meneliti hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kepatuhan lanjut usia dalam melaksanakan senam lansia untuk mengetahui dukungan keluarga terhadap tingkat kepatuhan lansia dalam melaksanakan senam lansia di RW tersebut.

 Jenis penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah lansia di RW 04 Giwangan Umbulharjo Yogyakarta dengan pengambilan sampel Purposive sampling  berdasarkan criteria inklusi sebanyak 23 responden. Pengambilan data dengan kuesioner dukungan keluarga dan tingkat kepatuhan dengan skala likert. Untuk dukungan keluarga berdasarkan kategori tinggi,sedang dan rendah, untuk tingkat kepatuhan dengan kategori patuh, kurang patuh dan tidak patuh.

Pengolahan data mengguanakan Spearman rho didapatkan korelasi sebesar 0,648 dengan signifikansi 0.001yang lebih kecil dari 0,05, maka Ho di tolakdan Ha diterima yang berate ada hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kepatuhan lansia. Sehingga semakin tinggi dukungan keluarga maka semakin tinggi pula tingkat kepatuhan lansia.

Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Tingkat Kepatuhan, Lanjut Usia

 

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

 

4 komentar

  1. bagai mana caranya untuk mendownload hasil skriipsinya…


  2. boleh dowload jurnalnya……kayaknya menarik thu…


  3. bgm cara agar saya bisa mendapatkan skripsi lengkap tentang hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kepatuhan lanjut usia dalam melaksanakan senam lansia di rw 04 Giwangan Umbulharjo VII Yogyakarta


  4. bagai mana saya bisa mendownlod hasil skripsi ini



Tinggalkan komentar