h1

PENGARUH TERAPI BEKAM KERING TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT NYERI PADA LANSIA DI PANTI WRHEDA BUDI DHARMA YOGYAKARTA

5 Januari 2012

Oleh : Dian Miftahul Mizan

ABSTRAKSI

Efek dari penyakit terhadap tubuh akan menimbulkan rasa nyeri. Setiap individu pernah mengalami nyeri dalam tingkatan tertentu. Nyeri merupakan alasan yang paling umum orang mencari perawatan kesehatan. Walaupun merupakan salah satu dari gejala yang paling sering tejadi di bidang medis, nyeri merupakan salah satu yang paling sedikit dipahami. Individu yang merasakan nyeri merasa tertekan atau menderita dan mencari upaya untuk menghilangkan nyeri. Penanganan nyeri dengan cara non farmakologi perlu diterapkan.Tetapi, kenyataan dilapangan klien yang mengeluh nyeri diberi analgetik dan mengabaikan metode non farmakologik seperti Terapi Bekam Kering.

Penelitian ini adalah untuk meneliti ”Pengaruh Terapi Bekam Kering Terhadap Perubahan Tingkat Nyeri”Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yaitu menilai pengaruh pemberian terapi bekam kering terhadap perubahan tingkat nyeri dengan pendekatan Pra eksperimen menggunakan One Group Pretest-Posttest desaign, dengan mengambil lokasi di Panti Wrheda Budi Dharma Yogyakarta. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling, dengan responden 40 orang. Uji analisis pada penelitian ini adalah Paired t-Test (t-Test untuk dua sampel yang berhubungan) dengan menggunakan SPSS 10,0.

Penelitian yang didapat menggambarkan bahwa ada perbedaan skala nyeri sebelum pemberian terapi bekam dengan skala nyeri setelah pemberian terapi bekam kering.

Terapi bekam kering mempunyai pengaruh yang bermakna dalam menurunkan skala nyeri dengan signifikansi 0,000

 

Kata Kunci : Terapi Bekam Kering – Perubahan Tingkat Nyeri – Lansia

 

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

 

7 komentar

  1. MOHON BISA KONTAK KARENA SAYA TERTARIK DENGAN PENELITIAN SAUDAR


  2. kak saya dewi anggraini mahasiswa akhir keperawatan disalah satu unversitas si palembang. saya sedang melakukan penelitian kak boleh minta referensinya kak 🙂


  3. boleh saya minta file skripsinya??


  4. mohon untuk berbagi info lengkap dong,untuk pengumpulan data


  5. mau info lengkapnya dong untuk referensi saya…imelkan ke saya ya terima kasih 😀


  6. mohon untuk berbagi info lgkp untuk referensi tambahan


  7. mohon infonya lengkp !



Tinggalkan komentar