h1

PENGARUH TERAPI MUSIK LANGGAM JAWA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PSIKOGERIATRI DI RSJ PROF.DR.SOEROYO MAGELANG TAHUN 2008

5 Januari 2012

Maslachatul Ghoniyah

ABSTRAKSI

Kecemasan dapat dialami pasien psikogeriatri yang sedang menjalani perawatan yang dapat akut maupun kronis. Terapi musik langgam jawa dapat digunakan dalam mengurangi tingkat kecemasan pasien psikogeriatrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi musik langgam jawa terhadap tingkat kecemasan pasien psikogeriatri.

Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-postest design. Populasinya pasien psikogeriatrik yang dirawat di RSJ Prof. Dr. Soeroyo Magelang. Sampel diambil teknik total sampling (30 pasien psikogeriatri). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengisi quesioner. Analisa data dengan uji paired t test  dengan menggunakan software SPSS Versi 13.0.

Hasil analisa : 66,7% pasien psikogeriatrik sebelum dilakukan terapi musik mengalami kecemasan yang berat. Sesudah dilakukan terapi musik, 73,3% pasien psikogeriatrik mengalami kecemasan sedang. Bahkan terdapat 6,7% atau 2 orang mengalami kecemasan ringan setelah diberikan terapi musik. Tingkat kecemasan pada pre test menunjukkan kecemasan berat dengan rerata 3,7000 dan pada post test menunjukkan tingkat kecemasan sedang dengan rerata 3,1333. Ada perbedaan tingkat kecemasan antara sebelum dengan sesudah dilakukan terapi musik dengan signifikansi p = 0,000 dan t= 6,159.

Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan acuan bagi rumah sakit dalam menyusun standar operasional prosedur tentang terapi musik dan melakukan sosialisasi kepada semua perawat. Bagi perawat, meningkatkan frekuensi dan kualitas pelaksanaan terapi musik.

 

Kata kunci : Terapi Musik, Psikogeriatri, Kecemasan

 

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

 

2 komentar

  1. boleh saya baca skripsinya secara utuh?? gimana caranya ya?? mohon dibalas secepatnya… terimakasih….


  2. boleh ga klu saya baca skripsinya secara utuh??? klu boleh bagaimana caranya ya? mohon dibalas secepatnya… terimakasih…



Tinggalkan komentar