h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DENGAN POLA PEMENUHAN KEBUTUHAN TIDUR PASIEN PRE OPERASI DI BANGSAL MELATI RSD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA

5 Januari 2012

WAHYU TRININGSIH

ABSTRAKSI

Kekurangan istirahat dan tidur yang berlangsung lama dapat berdampak pada kondisi keesokan harinya.  Respon psikologis yang menyertai tindakan pembedahan pada pasien pre operasi adalah kecemasan dan ketakutan. Kecemasan dan emosi tidak stabil mempengaruhi kemampuan tidur seseorang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan pola pemenuhan kebutuhan tidur pasien pre operasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua pasien dalam perawatan pre operasi di bangsal Melati RSD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. Jumlah sampel yang didapat sebesar 35 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian adalah tingkat kecemasan dan variabel terikat pola pemenuhan kebutuhan tidur pasien pre operasi. Cara pengumpulan data dengan kuesioner yang terdiri atas 18 pertanyaan tertutup untuk tingkat kecemasan dan 16 pertanyaan untuk pola pemenuhan kebutuhan tidur. Data yang didapat dianalisa dengan Kendall Thau.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 62,86% responden berada dalam tingkat kecemasan sedang dan sebanyak 54,28% responden pola kebutuhan tidurnya kurang. Ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dengan pola pemenuhan kebutuhan tidur sebesar 0,313 atau 31,3% dengan signifikansi 0,020 (sig.p<0,05).

 

Kata Kunci : Tingkat kecemasan, pola pemenuhan tidur, pre operasi

 

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

 

7 komentar

  1. Bisa di download datanya ?


  2. tolong dong kirimkan ke email saya data selengkapnya,saya lagi menyusun skripsi nih. makasi yaa


  3. tolong dong kirimkan ke email sya data selengkapnya saya lagi menyusun skripsi. makasih ya


  4. tolong dong kirimkan ke email saya data selengkap-lengkapnya,saya lgi menyusun skripsi. makasih ya


  5. bagi ilmu biar kelak dapat pahala baaaanyyyaaaaak


  6. Datax bisa didownload


  7. Bisa didownload datax mas..



Tinggalkan komentar