h1

HUBUNGAN ANTARA PERIODE PEMELIHARAAN DAN PRODUKTIVITAS ALAT RONTGEN DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

15 Juli 2009

INTISARI

Heri Purnomo

Tujuan umum penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara periode pemeliharaan dan produktivitas alat rontgen di instalasi radiologi Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Sedangkan tujuan khusus penelitian adalah

  1. Untuk memperoleh informasi tentang periode pemeliharaan alat rontgen di instalasi radiologi Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
  2. Untuk memperoleh informasi tentang produktivitas alat rontgen di instalasi radiologi Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
  3. Untuk mengetahui efektivitas  hubungan antara periode pemeliharaan dan produktivitas alat rontgen di instalasi radiologi Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Yogyakarta.

Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah  metode observasi/pengamatan, metode wawancara, metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskiptif dan analisis analitik dengan menggunakan analisis statistik parametrik. Metode analisis statistik yang dipergunakaan tersebut adalah dengan Korelasi Pearson-Product Moment.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah:

  1. Pemeliharaan alat rontgen di instalasi radiologi Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta rata- rata  dilakukan setelah 30 hari operasional alat rontgen dan dilakukan oleh petugas elektromedik rumah sakit.
  2. Produktivitas alat rontgen di instalasi radiologi Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta setiap bulannya bevariasi. Namun untuk tahun 2004 – 2006 jumlah pasien rontgen berjumlah  43072 orang, sedangkan untuk rata- ratanya adalah 1196 orang setiap bulannya.
  3. Tidak ada hubungan antara periode pemeliharaan dan produktivitas alat rontgen di Instalasi Radiologi RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta dikareneken alat rontgen yang ada masih terbilang baru sehingga dipelihara atau tidak dipelihara belum begitu berpengaruh terhadap produktivitas alat.

Saran:

  1. Penulis menyarankan penambahan petugas di bagian elektromedik sehingga setiap kegiatan pemeliharaan bukan hanya rontgen tetapi juga alat- alat lain bisa terdokumentasikan dengan baik.
  2. Mendokumentasikan semua kegiatan yang dilakukan oleh bagian elektromedik dengan baik dan benar.
  3. Peningkatan kemampuan SDM petugas melalui pelatihan- pelatihan yang ada.

Kata kunci : Periode Pemeliharaan, Produktivitas Alat Rontgen, Instalasi Radiologi.

Tinggalkan komentar