h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN SUAMI TENTANG MENOPAUSE DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SUAMI SAAT ISTRI MENGHADAPI MENOPAUSE DI DESA SOROGENEN SOROSUTAN KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

15 Juli 2009

INTISARI

Aisah Nurjanah

Salah satu usaha untuk menyelamatkan kebahagiaan dan keharmonisan perkawinan serta melestarikan kesehatan lingkungan keluarga dan wanita adalah memasyarakatkan ilmu pengetahuan tentang menopause. Untuk itu penting bagi suami untuk mengetahui serta memahami tentang menopause, sehingga mereka tahu betul tentang bagaimana memberikan dukungan yang baik pada istri. Menurut dengan beberapa suami, diketahui bahwa mereka masih belum mengerti tentang pengertian menopause, mereka juga kurang memperhatikan istrinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan suami tentang menopause dengan dukungan sosial suami saat istri menghadapi menopause. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kuantitatif non eksperimental dengan menggunakan cross sectional. Untuk mengetahui skor pengetahuan suami tentang menopause (variabel bebas) dan hubungannya dengan dukungan sosial suami saat istri menghadapi menopause (variabel terikat) dengan alat ukur kuesioner. Subyek penelitian adalah suami yang istrinya berusia 35-44 tahun atau memasuki masa menopause yang berjumlah 40 orang.

Hasil uji statistic menggunakan pearson product moment menunjukkan r hitung : 0,346 dengan r tabel : 5% dan N : 40 responden, maka diketahui r tabel 0,304. Jadi r hitung > r tabel, yang artinya Ho ditolak sehingga ada hubungan antara tingkat pengetahuan suami tentang menopause dengan dukungan sosial sosial suami saat istri menghadapi menopause.

Kata kunci : Tingkat pengetahuan, dukungan sosial, menopause.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: