h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM DENGAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR TENTANG PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM DI DESA CITAMBA

15 Juli 2009
Nuraisah

INTISARI

Latar belakang: pengelolaan masalah kependudukan dan pembangunan diantaranya ialah dengan program KB yaitu dengan penggunaan alat kontrasepsi bagi pasangan usia subur. Sampai sejauh ini program KB tersebut belum sepenuhnya berhasil terbukti dengan jumlah penduduk yang terus meningkat sampai 3 kali lipat bila dibandingkan dengan jumlah penduduk sekitar 73,3 juta orang tahun 1945 menjadi 219 juta orang pada tahun 2006.

Tujuan: Diketahuinya hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap pasangan usia subur tentang pemilihan alat kontrasepsi dalam rahim.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian Cross Sectional dan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dengan Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Populasi penelitian yaitu pasangan usia subur dimana usia istri antara 15-49 tahun dengan jumlah sampel 32 pasangan usia subur yang menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim. Subjek penelitian adalah pasangan usia subur yang menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim yang berada di desa Citamba Tasikmalaya. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan wawancara yang mengacu pada tingkat pengetahuan kemudian dianalisa dengan menggunakan uji statistik koefisien kontinensi yaitu Chi- Square

Hasil: Sebagian besar pengetahuan pasangan usia subur berada dalam kategori baik (56,3%), sedangkan sikap pasangan usia subur tentang pemilihan alat kontrasepsi dalam rahim sebagian besar dalam kategori baik/memilih (86,8%).Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan pasangan usia subur dengan sikap pasangan usia subur tentang pemilihan alat kontrasepsi dalam rahim dengan nilai hitung Chi Square 7,767 lebih besar dari Chi Square tabel 5,991 pada α 0,05 dengan df=1.

Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap pasangan usia subur tentang pemilihan alat kontrasepsi dalam rahim.

Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, sikap, pasangan usia subur, alat kontrasepsi dalam rahim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: