h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN AKSEPTOR TENTANG KB SUNTIK DENGAN KETEPATAN WAKTU UNTUK SUNTIK KEMBALI DI BPS ANISA JETIS KECAMATAN SAPTOSARI GUNUNGKIDUL

15 Juli 2009

ABSTRAKSI

Supatmilah

Misi program KB Nasional salah satunya adalah meningkatkan Misi program KB Nasional salah satunya adalah meningkatkan kualitas pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi. Dari hasil studi pendahuluan di BPS ANISA terhadap10 akseptor KB suntik 6 akseptor (60%) di antaranya tidak mengetahui tentang KB suntik, dan 4 (40%) di antaranya mengetahui tentang KB suntik. Ketepatan waktu suntik kembali sangat penting bagi akseptor KB suntik tersebut karena bila tidak tepat untuk suntik kembali maka dapat menyebabkan kehamilan.

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan akseptor tentang KB suntik dengan ketepatan waktu suntik ulang di BPS Anisa Jetis Saptosari Gunungkidul. Sedangkan tujuan khusus adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan akseptor tentang KB suntik dan ketepatan waktu untuk suntik ulang di BPS Anisa Jetis Saptosari Gunungkidul

Adapun jenis penelitian ini adalah penelitan deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah semua akseptor KB di wilayah.Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul. Sampel penelitian ini adalah semua akseptor KB suntik yang datang ke BPS Anisa pada bulan Mei 2007 yang berjumlah 50 sampel. Penentuan sampel ditentukan dengan sistem purposive (systemic purposive sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji validitas menunjukkan 16 butir dari 25 butir angket tingkat pengetahuan akseptor tentang KB suntik terbukti valid. Sedang hasil analisis reliabilitas tingkat pengetahuan akseptor memiliki nilai koefisien reliabilitas sebesar 0.706 dan dinyatakan reliable. Analisis data menggunakan analisisi statistik korelasi Spearman Rho dengan bantuan program SPSS 13.0.

Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa variabel tingkat pengetahuan akseptor tentang KB suntik memiliki pengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu untuk suntik kembali di BPS Anisa Jetis Saptosari Kabupaten Gunungkidul. Angka koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,456 dengan tingkat signifikansi 1 %.

Kata kunci : tingkat pengetahuan, ketepatan waktu

5 komentar

  1. hmm boleh ga minta yang lengkapnya dari bab 1-5? soalnya judul aku mirip akan saya jadikan jurnal penelitian saya .terimakasi


  2. tlg krimi donk,ktix hmpir mirip sama yg d atas,bwt referensi


  3. tolong dong skripsinya dikirim ke Email saya, kalo bisa yg lengkap ya dari Bab I sampe V.
    thanks sebelumnya, soalnya aku butuh banget untuk bahan referensi.


  4. saya mau minta tolong ni saya mahasiswa kebidanan sedang KTI yang judul saya hampir mirip tolong minta kelengkapan isi ny dari bab I sampai V karena ingin saya jadikan keaslian peneliti…
    sebelumnya terimakasih


  5. judulnya menarik,bolehkah saya melihatnya untuk pnduan kti saya.



Tinggalkan komentar