h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN SUAMI TENTANG PERAWATAN KEHAMILAN DENGAN PARTISIPASI SUAMI DALAM PERAWATAN KEHAMILANI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA

15 Juli 2009

INTISARI

Yuki Octavia Rachman

Latar Belakang : AKI dan AKB merupakan salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat. Di Indonesia AKI dan AKB masih terbilang sangat tinggi, jika dibandingkan dengan negara lain yang ada di ASEAN. Hal ini, menempatkan upaya penurunan AKI maupun AKB sebagai program prioritas. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya AKI danAKB di Indonesia adalah pengetahuan suami tentang perawatan kehamilan yang masih tergolong rendah.

Tujuan : Dengan adanya hal tersebut diatas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan suami tentang perawatan kehamilan dengan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan. Penelitian ini, telah dilakukan pada tanggal 2 – 14 Juli 2007 di wilayah kerja Puskesmas Purbalingga Kabupaten Purbalingga.

Jenis Penelitian : Penelitian ini menggunakan rancangan Cross sectional dimana pengukuran variabel dilakukan satu kali. Pengambilan sampel secara nonprobability sampling tipe accidental dengan jumlah 30 sampel dan pengambilan data menggunakan kuesioner dan uji statistik spearmen rho (ρ) dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil dan Kesimpulan : Penelitian menunjukan bahwa dari uji spearmen rho (ρ) didapatkan hubungan antara pengetahuan dengan partisipasi dengan taraf signifikansi 0,05; df= 4; dan nilai koefisien korelasi 0,444 dimana pengetahuan suami didapatkan hasil yang cukup dengan  partisipasi yang kurang optimal. Dari hasil tersebut diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan. Dapat dijelaskan pula bahwa semakin tinggi pengetahuan semakin optimal pula partisipasinya.

Kata kunci : AKI dan AKB, Pengetahuan dan partisipasi suami, Perawatan kehamilan.

5 komentar

  1. bleh mintak skripsi yg lengkap gaga..
    terimah kasih banyak sebelumya..
    skripsinya menarik bgt


  2. bleh mintak skripsi yg lengkap g’


  3. mohon konfirmasi k email sayaa makasih bnyk,,,,


  4. assalamualaikum wr,wb gimana saya bisa dapatkan skrifsi yg lengkap x ????


  5. salam ….
    bisa lihat selengkapnya gmn?



Tinggalkan komentar