h1

HUBUNGAN POLA PERAWATAN PADA ANAK TUBERKULOSIS PARU PRIMER DENGAN LAMA PENYEMBUHAN PADA ANAK USIA 1-6 TAHUN DI DESA CIBUNTU CIBITUNG BEKASI

15 Juli 2009

INTISARI

Yomah Yuliana

Latar Belakang: Pola perawatan orang tua terhadap anak TB Paru primer dapat mendukung masa penyembuhan pasien, yang meliputi: lingkungan perumahan,pemantauan pengobatan, pemenuhan kebutuhan nutrisi, pemenuhan istirahat, perawatan masalah khusus pada gangguan pernafasan dan pemenuhan rasa nyaman (Ngatsiyah, 2003). Menurut Bahar 2001, pengobatan pasien TB dalam jangka waktu yang panjang dan telah melebihi masa penyembuhan yang semestinya (6-9 bulan) akan memerlukan biaya yang lebih banyak, dengan ditemukannya rifampisin terjadi semacam”minirevolusi” dalam kemo terapi terhadap tuberculosis, karena jangka waktu pengobatan dapat dipersingkat menjadi 6-9 bulan.

Tujuan: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pola perawatan pada anak TB Paru primer dengan lama penyembuhan pada anak usia 1-6 tahun di desa Cibuntu, Cibitung, Bekasi.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang bersifat deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan retrospektif. Penelitian ini dilakukan di desa Cibuntu, Cibitung, Bekasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 30 orang yang terdiri dari ibu-ibu yang anaknya menderita TB Paru primerdan berusia 1-6 tahun. Pengambilan data dilakukan antara bulan Agustus sampai September 2007 dengan menggunakan kuesioner dan data dari identitas penderita. Analisa data dengan menggunakan koefsien biserial.

Hasil dan Pembahasan: Hasil hipotesis diperoleh koefisien korelasi sebesar r= 0,898 dengan taraf signifikan 0,05 hal ini menunjukkan hubungan antara pola perawatan pada anak TB Paru primer dengan lama penyemuhan usia 1-6 tahun.

Kesimpulan: Semakin baik pola perawatan ibu pada anak TB Paru primer maka semakin cepat proses penyembuhannya.

Kata kunci: Pola perawatan, lama penyembuhan, anak usia 1-6 tahun.

4 komentar

  1. boleh minta file’y yg lngkap??
    makasihhh…


  2. asskum..
    bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan file ini dengan lengkap..?
    mohon dikirim datanya,ya..
    semoga bisa bermanfaat sebagai acuan saya dalam penelitian..
    terimakasih sebelumnya..


  3. assalamualaikum maaf…. gimana saya bisa mendapatkan skripsi yang ini, full content dari awal sampai akhir…
    Tolong jawabannya ya… makasih bnyk sebelum nyaaa


  4. Mas, bisa saya mendapatkan skripsi yang ini, full content dari awal sampai akhir…
    Bagaimana prosedurnya…
    Tolong jawabannya ya…



Tinggalkan komentar