h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PENDERITA HIPERTENSI DENGAN SIKAP MENJALANI DIET HIPERTENSI DI PUSKESMAS NGAWEN I KABUPATEN GUNUNGKIDUL PROPINSI D.I.Y

15 Juli 2009

INTISARI

Yosephine Mardiyati

Latar Belakang : Puskesmas Ngawen I didapatkan bahwa penyakit hipertensi menempati urutan empat (4) dari sepuluh besar penyakit tahun 2006 dengan jumlah kasus 1.151 kasus dari 21.254 kunjungan (5,4%), sedangkan tingkat pengetahuan penduduk sebagian besar (54,5%) masih kurang.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan tingkat pengetahuan penderita hipertensi dengan sikap dalam menjalani diet hipertensi.

Metode : Jenis peneiitiali ini adalah deskriptif analitik. Wawancara dilakukan pada 30 responden sebagai sampel yang menderita hipertensi dan pernah berkonsultasi gizi tentang diet hipertensi. Subyek ditarik dari populasi dengan cara Purposive Sampling. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi yang mendalam tentang tingkat pengetahuan penderita hipertensi dan sikap dalam menjalani diet hipertensi.

Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat 10,0% penderita hipertensi yang mempunyai sikap yang buruk dalam menjalani . diet hipertensi, hal ini tidak terlepas dari faktor pengetahuan penderita hipertensi. Pengujian hubungan dengan Spearmans rho mentmjukan bahwa tingkat pengetahuan penderita hipertensi mempunyai hubungan dengan sikap dalam menjalani diet hipertensi ( P= 0,000 < α = 0,05 ).

Kesimpulan : Berbagai faktor yang mempengaruhi sikap dalam menjalani diet hipertensi salah satunya adalah karena pengetahuan penderita hipertensi itu sendiri.

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Sikap.

25 komentar

  1. Bisa kirim kuesioner sama DO nya gak,,, soalnya sama dg penelitian saya…
    trimakasihhh


  2. bagi ke email donk “


  3. tolong saya dikirim lewat email sebagai bahan acuan saya dalam melakukan penelitian
    terima kasih


  4. saya mau melakukan penelitian tentang hipertensi remaja,jadi mohon bantuanya untuk tambahan referensi penelitian saya,terimakasih


  5. saya tertarik
    boleh saya tw selengkapnya
    bwd refrensi saya mbwd skripsi


  6. ass.. saya tertarik dengan penelitian anda, dan terkait juga dengan penelitian saya. tolong kirimkan penelitian anda yang lengkapnya.. terima kasih sebelumya telah berkenan membantu saya..


  7. askum…saya sangat tertarik dengan artikel anda……..bolehkah saya meminta artikel anda selengkapnya?…trima ksh karena artikel anda sangat bermanfaat buat masukan saya dalam menyelesaikan tugas akhir …..wassalam……..


  8. saya berharap anda dapat mengirimkan datanya yang lengkap karna saya sangat buat buat bahan acuan saya. terima kasih


  9. mas saya sangat tertarik dengan penelitian ini saya mengharapkan bantuan mas untuk menyelesaikan tugas akhir saya……trimakasih…..


  10. aslm. saya mahasiswa gizi Unhas,, kebetulan judul skripsi saya juga tentang diet pasien hipertensi,,, bisa minta artikel lengkapnya???
    penting sekali!!


  11. saya sangat tertarik dengan adanya penelitian ini. oleh karna itu saya mohon anda berkenan memngirimkan penelitian anda selengkapnya untuk dikirim ke email saya sebagai untuk bahan refrensi saya. saya ucapkan terimakasih.


  12. waduh gw trtarik banget sm artikel d atas boleh di krimin donk ksni cz bt nyelesain KTI gw neeh,,,


  13. ass..Bisa tolong kirim bahan skripsi lengkapnya. Karena saya tertarik dengan materinya. Sebagai nutrisionis di rumah sakit kadang saya lihat kurang patuhnya pasien terhadap diet…dan buat skripsi


  14. ass..Bisa tolong kirim bahan skripsi lengkapnya. Karena saya tertarik dengan materinya. Sebagai nutrisionis di rumah sakit kadang saya lihat kurang patuhnya pasien terhadap diet


  15. ka, aq minta soft datanya donk yang lengkap!coz buat perbandingan skripsiku nantinya.takut da kekurangan dari skrisiku.thx’y


  16. bos ada judul gambaran sikap klien hipertensi tentang penatalaksanaan terapi diet diwilayah kerja puske


  17. minta file skripsi lengkap yang judulnya faktor2 hipertensi…key….ditunggu secepatnya


  18. askum…saya sangat tertarik dengan artikel anda……..bolehkah saya meminta artikel anda selengkapnya?…trima ksh karena artikel anda sangat bermanfaat buat masukan saya dalam menyelesaikan tugas akhir …..wassalam……..


  19. saya merasa tertarik dengan penelitian ini,apalagi ini ada kaitannya dengan penelitian saya,tolong kirimkan penelitian anda selengkapnya ke email saya,sebelumnya terima kasih


  20. kirimin donk skripsi selengkapnya….please…..help me….


  21. asl.. saya tertarik dengan artikel diatas, bisa minta selengkapnya? soalnya saya tertarik untuk bahan skripsi, o iya..saya mahasiswa gizi jambi.
    terimakasih sebelumnya atas keediannya untuk membantu saya..


  22. Judul ini,,,hampir sama dengan apa yang hendak saya ajukan untuk KTI atw tugas akhir,,,jadi bila berkenan saya berharap mendapatkan versi lengkapnya,,,terima kasih,,,


  23. Bisa tolong kirim bahan skripsi lengkapnya. Karena saya tertarik dengan materinya. Sebagai nutrisionis di rumah sakit kadang saya lihat kurang patuhnya pasien terhadap diet


  24. bisa ndak dicarikan skripsi dengan judul :
    PENGARUH PENYULUHAN TENTANG HIPERTENSI TERHADAP PERILAKU HIPERTENSI
    DAN
    PENGARUH PENYULUHAN TENTANG HIPERTENSI TERHADAP ANGKA KEJADIAN HIPERTENSI


  25. saya tertartarik dengan penelitian anda,untuk mempelajari lebih dalam.oleh karena itu saya harap anda berkenan mengirimkan penelitian anda selengkapnya untuk dikirim keemail saya sebagai bahan referensi.terimakasih



Tinggalkan komentar