h1

PERBEDAAN SIKLUS MENSTRUASI ANTARA IBU YANG MENGGUNAKAN ALAT KONTRASEPSI IUD DENGAN KONTRASEPSI PIL DI DUSUN GERGUNUNG GERGUNUNG KLATEN UTARA KLATEN JAWA TENGAH

15 Juli 2009

INTISARI

Sumarni

Alat kontrasepsi IUD dan pil mempunyai permasalahan atau efek samping, efek samping yang paling utama adalah gangguan pola haidnya. Terdapat ibu-ibu pengguna alat kontrasepsi pil dan IUD yang mengalami beberapa permasalahan, yaitu perubahan pada pola haidnya, lama haid menjadi lebih panjang, jumlah haid menjadi lebih banyak dan datangnya haid (siklus) menjadi lebih pendek. Terdapat 12 ibu pengguna IUD di Dusun Gergunung yang mengeluh jumlah haid yang dikeluarkan saat menstruasi menjadi lebih banyak dan 8 ibu pengguna alat kontraspesi pil yang mempunyai siklus menstruasi pendek. Karena itu penulis tertarik mengambil populasi penelitian di Dusun tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Perbedaan Siklus Menstruasi Antara Ibu Yang Menggunakan Alat Kontrasepsi IUD dengan Kontrasepsi Pil di Dusun Gergunung, Gergunung, Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah.” Sampel yang digunakan berjumlah 32 ibu pengguna IUD dan 32 ibu pengguna pil. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental yaitu deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sektional dimana data yang menyangkut variabel bebas dan terikat diambil dalam waktu yang bersamaan dengan tujuan untuk mencari hubungan antara 2 variabel.

Penelitian dianalisis dengan teknik statistik t-test independent. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari hasil analisis statistik diperoleh nilai P sebesar 0,000 dengan signifikasi kurang dari 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan siklus menstruasi antara ibu yang menggunakan alat kontrasepsi IUD dengan kontrasepsi pil di Dusun Gergunung, Gergunung, Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah.

Kata kunci  : Siklus menstruasi, IUD, Pil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: