h1

PENGARUH SENAM NIFAS TERHADAP INVOLUSI UTERI PADA IBU POST PARFUM HARI I-III DI RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE

15 Juli 2009

ABSTRAKSI

ERNY TRIMARWATI

Proses pemulihan kesehatan pada masa nifas merupakan hal yang sangat penting bagi ibu setelah melahirkan. Sebab selama masa kehamilan dan persalinan telah terjadi perubahan fisik dan psikis. Salah satu cara supaya tetap sehat dan mengalami pemulihan lebih baik adalah dengan melaksanakan senam nifas. Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengadakan penelitian tentang “Pengaruh Senam Nifas Terhadap Involusi Uteri Pada Ibu Post Parfum Hari I-III di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede”.

Tujuan penelitian adalah diketahuinya pengaruh senam nifas terhadap penurunan tinggi fundus uteri, kontraksi uterus dan peneluaran lochea.

Desain pada penelitianini adalah “quasi experimental”. Sampel diambil dari 30 orang ibu-ibu post parfum yang dirawat di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta. Besar sampel 30 orang dibagi menjadi 2 kelompok, 15 orang diberi perlakuan senam nifas dengan baik dan 15 orang tidak diberi perlakuan senam nifas. Dari data yang telah terkumpul diolah menggunakan uji statistic Anova dengan tingkat kemaknaan p < 0,05.

Dari hasil uji Anova didapatkan perbedaan hasil mean tinggi fundus uteri antara ibu post parfum yang diberi perlakuan senam nifas dengan yang tidak diberi perlakuan. Ibu post parfum yang mendapat perlakuan senam nifas dengan baik mempunyai penurunan tinggi fundus uteri ynag lebih cepat dengan nilai p = 0,0000 untuk frekuensi, lama dan gerakan senam nifas. Ini berarti ada pengaruh senam nifas terhadap tinggi fundus uteri.

Ibu post parfum yang mendapatkan perlakuan senam nifas denganbaik mempunyai kontraksi uterus yang lebih baik, dengan nilai p = 0,000 untuk frekuensi, lama dan gerakan senam nifas. Ini berarti ada pengaruh senam nifas terhadap kontraksi uterus.

Hasil uji anova didapatkan perbedaan hasil mean pengeluaran lochea antara ibu post parfum yang tidak diberi perlakuan dengan kelompok yang diberi perlakuan senam nifas dengan baik mempunyai pengeluaran lochea yang lebih cepat, dengan nilai p = 0,048 untuk frekuensi, lama dan gerakan senam nifas. Ini berarti adalah pengaruh senam nifas terhadap pengeluaran lochea, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ibu post parfum yang mendapatkan perlakuan senam nifas mempunyai penurunan tinggi fundus uteri yang lebih cepat, kontraksi uterus yang lebih baik dan pengeluaran lochea yang lebih cepat daripada ibu post parfum yang tidak mendapatkan perlakuan senam nifas. Hal ini berarti senam nifas mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap involusi uterus pada hari I-III post parfum di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede.

2 komentar

  1. assalamualaikum…mba saya juga lagi mlkukan pnlitian ttg pengaruh senam nifas ini,,
    jadi bisa juga g saya lihat proposalnya mbak,,
    sbgi penelitian trkait nantinya di latar belakang saya….
    makasih…wasalam,,


  2. Mba, sya tertarik untuk melakukan penelitian yang mba telah lakukan sebelumnya mengenai pengaruh senam nifas ini.. kalo boleh saya pengen lihat contoh proposal penelitiannya dong… tengkyu ya sebelumnya..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: