h1

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERSEPSI DAN PERILAKU REMAJA TENTANG MEROKOK DI SMP NEGERI 2 TODANAN BLORA JAWA TENGAH

15 Juli 2009

INTISARI

Enik Mundriyani

Perilaku merokok merupakan perilaku yang dipelajari. Perilaku dipengaruhi oleh lingkungan, individu dan kognitif. Persepsi merupakan salah satu faktor pembentuk perilaku. Perilaku merokok remaja ditransmisikan melalui transmisi vertikal dan horisontal. Transmisi vertikal dari orang tua dan transmisi horisontal dari teman sebaya. Pola asuh orang tua berperan dalam perkembangan anak pada usia remaja.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan persepsi dan perilaku remaja tentang merokok. Jenis penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen yang termasuk dalam penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 41 responden siswa dan orang tua siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan kuesioner yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori yang ada.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua memberikan pola asuh yang baik yaitu sebesar 54%, sebagian besar remaja memiliki persepsi yang baik tentang merokok yaitu sebesar 76%, sebagian besar remaja tidak merokok yaitu sebesar 58% dan tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan persepsi dan perilaku remaja tentang merokok.

Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Persepsi, Perilaku

Tinggalkan komentar