h1

AKTIFITAS MENJADI PEER COUNSELOR DALAM PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PADA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING MAHASISWA (PIKM) LARAS HATI TAHUN 2014

13 Juli 2014

INTISARI

Ratna Agustina

Latar Belakang: Manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup tanpa manusia lain dan senantiasa berusaha untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Salah satu bentuk hubungan sosial tersebut adalah dengan menjadi konselor teman sebaya. Konselor sebaya (peer counselor) merupakan bagian aktifitas dalam kepengurusan PIKM Laras Hati. Beraktifitas menjadi peer counselor tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi individu yang bersangkutan seperti memperoleh harga diri, namun juga dapat meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam memberikan konseling kepada teman-temannya.
Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri mahasiswa yang menjadi peer counselor dengan kepercayaan diri mahasiswa yang tidak menjadi peer counselor pada PIKM Laras Hati Tahun 2014.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian induksi komparatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang aktif menjadi peer counselor dan mahasiswa yang tidak menjadi peer counselor sebanyak 50 mahasiswa. Pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Uji analisis statistik menggunakan rumus z test.
Hasil: Mahasiswa yang beraktifitas menjadi peer counselor sebanyak 25 orang dan 100% memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, sedangkan mahasiswa yang tidak beraktifitas menjadi peer counselor 20 orang diantaranya memiliki tingkat kepercayaan diri sedang dan 5 orang sisanya memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi. Hasil uji analisis menunjukkan nilai z hitung sebesar -9,798 dimana z <z tabel (-9,798 < -2,011) dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai p sebesar 0,000.
Kesimpulan: Ada perbedaan bermakna antara kepercayaan diri mahasiswa yang menjadi peer counselor dengan kepercayaan diri mahasiswa yang tidak menjadi peer counselor.

Kata Kunci : Perbedaan, Kepercayaan Diri, Mahasiswa, Peer Counselor.

Karya Tulis Ilmiah ini milik Akbid Yo Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan Akbid Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: