h1

PERBEDAAN SIKAP WANITA DALAM MENGHADAPI MASA KLIMAKTERIUM DILIHAT DARI PENGETAHUAN TENTANG MENOPAUSE DI DESA KAMPUNG ISLAM KUSAMBA KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG BALI.

13 Juli 2014

ABSTRAK
Oleh : NUR INDRIANI

Latar Belakang : Berbicara mengenai masalah menopause akan menimbulkan berbagai tanggapan dan penilaian yang berbeda pada masing-masing individu karena adanya perbedaan pengetahuan dari tiap individu sehingga sikap yang ditimbulkannya pun tidaklah sama. Minimnya pengetahuan yang dimiliki wanita paruh baya tentang masa menopause dapat mempengaruhi pandangan mereka, sehingga tidak menutup kemungkinan berpotensi menimbulkan permasalahan dalam diri individu baik hubungan dengan keluarga atau lingkup lebih luas. Menopause/klimakterium adalah masa peralihan yang dilalui seorang wanita dari periode reproduktif ke periode non-reproduktif. Dengan memahami perubahan yang terjadi saat usia paruh baya dan diimbangi dengan pengetahuan yang cukup tentang menopause diharapkan wanita dapat mengerti apa yang terjadi dalam diri mereka sehingga dapat menjalani masa ini dengan lebih baik. Penelitian ini mengangkat judul perbedaan sikap wanita dalam menghadapi masa klimakterium dilihat dari pengetahuan tentang menopause.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan menopause pada wanita yang menghadapi masa klimakterium, sikap wanita dalam menghadapi masa klimakterium serta untuk mengetahui perbedaan sikap wanita yang menghadapi masa klimakterium dilihat dari pengetahuan tentang menopause.
Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita yang menghadapi masa klimakterium di Desa Kampung Islam Kusamba Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung Bali. Jumlah responden sebanyak 60 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara sebagai data pendukung.
Hasil : Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa tingkat pengetahuan menopause pada wanita yang menghadapi masa klimakterium di Desa Kampung Islam Kusamba menunjukkan distribusi yang paling tinggi berada pada kategori rendah berjumlah 24 orang dengan prosentase sebanyak 40%. Sedangkan Sikap wanita yang menghadapi masa klimakterium menunjukkan bahwadistribusi yang paling tinggi berada pada kategori sedang berjumlah 23 orang dengan prosentase sebanyak 39%. Hasil penelitian selanjutnya sesuai dengan tingkat signifikansi α = 0,05 dan df = (3-1) (3-1) = 4, maka nilai χ2 kritis berdasarkan tabel χ2 (0,05;4) = 9,488, dengan nilai chi-square hitung 84,595, karena (84,595 > 9,488), maka Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap wanita dalam menghadapi masa klimakterium dilihat dari pengetahuan tentang menopause pada taraf kepercayaan 95%

Kata kunci: Sikap, Klimakterium, Pengetahuan Menopause.

Karya Tulis Ilmiah ini milik UIN Malang, Anda dapat membacanya di perpustakaan Universitas Islam Negeri Malang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: