h1

HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM TINDAKAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN KLIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES KULON PROGO-YOGYAKARTA 2008

1 Mei 2009

FitriAnggraini

ABSTRAKSI

Latar Belakang Masalah:Menurut Arwani, 2003, Seorang perawat tidak dapat memperoleh pengetahuan tentang pasiennya, jika tidak ada kemampuan menghargai keunikan yang ada pada pasiennya. Tanpa mengetahui kebutuhan unik pasien, perawat juga tidak mampu menolong kesulitan yang dihadapi pasien.. Melalui komunikasi terapeutik diharapkan perawat dapat menghadapi, mempersepsikan, bereaksi, dan menghargai keunikan pasien.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Klien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Wates, Kulon Progo, Yogyakarta.                                                                                                                Metode Penelitian: Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini merupakan desain penelitian non eksperimen dan menggunakan analisis data penelitian kuantitatif.

Hasil Penelitian: ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan kepuasan klien di ruang rawat inap RSUD Wates, Kulon Progo, Yogyakarta dengan nilai koefisien kontingensi 0,394 dan taraf signifikansi p=0,01 (p<0,05).

Kesimpulan: Terdapat hubungan positif antara komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan kepuasan klien di ruang rawat inap RSUD Wates Kulon Progo, Yogyakarta.

Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan, Tindakan Keperawatan

Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

2 komentar

  1. boleh minta file skripsinya gak,?


  2. hallo, saya eva n saya kuliah kebidanan.tolon dong paparkan karya ilmiah mengenai komunikasi terapeutik pada persalinan kala 1.TQ sebelumnya.



Tinggalkan komentar