h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN PELAKSANAAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP BPK RSU KABUPATEN MAGELANG

3 Mei 2009

Disusun oleh:

Efin Sutrianingsih

ABSTRAKSI

Latar belakang: Pelaksanaan asuhan keperawatan yang sesuai standar asuhan keperawatan sangat diperlukan untuk peningkatan kualitas pelayanan sehingga pelaksanaan asuhan keperawatan menjadi bentuk pelayanan yang profesional. Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting untuk perilaku. Untuk itu diperlukan penelitian mengenai hubungan tingkat pengetahuan perawat tentang asuhan keperawatan dengan pelaksanaan asuhan keperawatan di BPK RSU Kabupaten Magelang.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawat tentang asuhan keperawatan dengan pelaksanaan asuhan keperawatan di BPK RSU Kabupaten Magelang.

Metode: Jenis penelitian: deskriptif analitik, pendekatan: cross sectional dengan instrumen kuesioner. Penelitian dilakukan bulan Februari – Maret 2008.

Hasil: Secara kuantitatif menunjukkan bahwa: (a) Tingkat pengetahuan perawat tentang asuhan keperawatan ada dua kategori yaitu sangat baik 66,28% dan cukup baik 33,72%            (b) Pelaksanaan asuhan keperawatan ada dua kategori yaitu sangat baik 25,58% dan cukup baik 74,42%.

Kesimpulan: Lebih dari setengah jumlah perawat mempunyai tingkat pengetahuan tentang asuhan keperawatan sangat baik dan sepertiga dari jumlah perawat mempunyai pengetahuan tentang asuhan keperawatan cukup baik. Lebih dari seperempat jumlah perawat mempunyai kategori sangat baik dan lebih dari setengah dari jumlah perawat mempunyai kategori cukup baik pada pelaksanaan asuhan keperawatan. Untuk tingkat pengetahuan dan pelaksanaan asuhan keperawatan kategori kurang baik dan sangat tidak baik tidak ada.

Kata kunci: Pengetahuan, Pelaksanaan, Asuhan Keperawatan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

3 komentar

  1. tolong kirm skripsi yg lengkp


  2. blh minta skripsinya krim ke email
    thank u


  3. Mintol donk… Skripsi selengkapnya dengan judul Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat tentang Asuha keperawatan dengan Pelaksanaan Asuhan keperawatan… Please…



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 176 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: