h1

HUBUNGAN ANTARA BENTUK DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERIODE KEKAMBUHAN PENDERITA GANGGUAN JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA PROF. DR. SOEROYO MAGELANG

3 Mei 2009

Nama : Indarini Dyah SS

ABSTRAKSI

Kesembuhan dan kekambuhan penderita gangguan jiwa sangat dipengaruhi oleh peran atau dukungan keluarga terhadap penderita gangguan jiwa.  Pengetahuan keluarga yang kurang tentang bentuk-bentuk dukungan yang dapat diberikan pada penderita gangguan jiwa ini dapat dilihat dari ketidaksiapan keluarga dalam memberikan dukungan pada penderita gangguan jiwa.

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara bentuk dukungan keluarga dengan periode kekambuhan penderita gangguan jiwa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan 86 partisipan. Pengumpulan data dengan cara mengisi quesioner yang telah disusun oleh peneliti. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dengan analisa univariate dan bivariate dalam software SPSS Versi 13.0.

Hasil penelitian : 72,1% keluarga mempunyai tingkat dukungan keluarga yang baik, yaitu 72,1% dan 27,6% mempunyai bentuk dukungan yang buruk. 68,9% mempunyai periode kekambuhan yang jarang dan 31,4% penderita gangguan jiwa mempunyai periode kekambuhan yang sering. Ada hubungan antara bentuk dukungan keluarga dalam mencegah kekambuhan dengan periode kekambuhan penderita gangguan jiwa dengan signifikansi p value = 0,002.

Dalam penelitian ini pengukuran bentuk dukungan keluarga dalam mencegah kekambuhan dengan kusieoner. Penelitian ini memberikan beberapa saran pada penelitian lain, bahwa: pengumpulan data  dilakukan dengan wawancara dan observasi terutama tentang dukungan keluarga, juga menganalisa data secara kualitatif,  dan menggunakan jumlah sampel yang lebih besar sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasikan.

Kata kunci : Dukungan, keluarga, kekambuhan, gangguan jiwa

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

15 komentar

  1. Mintak tolong dikirimin file nya yang lengkap plus kuesionernya ke e-mail saya buat referensi skripsi saya.
    Terimakasih


  2. tolong kirimkan isi lengkapnya, saya sangat butuh untuk tambahan referensi. trimakasi sebelumnya


  3. Mohon bantuannya kirimkan penelitiannya ya, lewat email saja, terimakasih


  4. tolong kirimkan yang selengkapnya donk…, di alamat email saya, terima kasih…


  5. Tolong donk minta file selengkapnya? ?


  6. tolong kirimkan file lengkap ya ke email saya , saya butuh sekali makasih


  7. tolong kirimkan yang selengkapnya donk…


  8. tolong kirim ya,,,
    lagi butuh tambahan untuk penelitian


  9. tolong kirimi proposal yang anda buat,aku lg ngajukan proposal mirip bgn yang anda tulis…
    pliiissss,,


  10. tolong kirimkan contoh skrpsi hub bentuk dukungan keluarga terhadap periode kekambuhan pasien gangguan jiwa, saya butuh banget buat tambahan penelitian saya, tolong kirim ke emailq, q tunggu makasih…


  11. tolong kirimi proposal yang anda buat,aku lg ngajukan proposal mirip bgn yang anda tulis


  12. tolong kirimkan isi lengkap contoh skripsi hub bentuk dukungan keluarga terhadap periode kekambuhan pasien gangguan jiwa, saya butuh untuk tambahan referensi penelitian saya. tolong kirim ke email saya.
    terima kasih.


  13. tolong kirimkan contoh skrpsi hub bentuk dukungan keluarga terhadap periode kekambuhan pasien gangguan jiwa, saya butuh banget buat tambahan penelitian saya, tolong kirim ke emailq fema22@ymail.com, q tunggu makasih


  14. tolong kirim isi lengkap dari penelitian hubungan antara benruk dukungan keluarga terhadap tingkat kekambuhan pasien gangguan jiwa ini..

    saya lagi mengajukan judul proposal skripsi yang hampir sama..
    tolong dibantu ya..
    kalo bs,kirimnya ke email saya saja..

    makasih banyak…


  15. tolong kirimkan isi lengkap dari dukungan keluarga dengan periode kekambuhan gangguan jiwa. thanks for all!!. di emailku aja.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: