h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN SUAMI DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SUAMI PADA ISTRI DALAM MELAKUKAN PELAYANAN ANTENATAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT 2008

1 Mei 2009

Ni Wayan Ria Sunadhi

ABSTRAKSI

Latar belakang : AKI dan AKB merupakan salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat. Di Indonesia AKI dan AKB masih terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan negara lain yang ada  di ASEAN. Hal ini merupakan upaya penomenal AKI maupun AKB sebagai program prioritas. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya AKI dan AKB di Indonesia adalah pengetahuan suami tentang pelayanan antenatal bagi ibu hamil. Dan faktor yang memberikan kontribusi yang cukup besar dalam perawatan antenatal adalah adanya dukungan dari keluarga khusus suami yang masih tergolong rendah.

Tujuan : Diketahuinya hubungan antara tingkat pengetahuan suami dengan dukungan sosial suami pada istri dalam melakukan pelayanan antenatal di wilayah kerja puskesmas Labuapi kabupaten Lombok Barat tahun 2008.

Metode : Deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23-29 Juni 2008 dengan jumlah sampel 50 orang suami. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Data diambil  tmenggunakan angket dengan pengambilan data door to door.

Hasil : Setelah dilakukan analisa data dengan menggunakan uji statistik kendal’s tau didapatkan hasil korelasi sebesar 0,784 dengan nilai z hitung 8,03 lebih besar dari nilai z tabel 1,93. Signifikansi 0,000 dan jika dibandingkan dengan α = 5 % , maka p < 0,05 sehingga Ho ditolak.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan suami dengan dukungan sosial suami pada istri dalam melakukan pelayanan antenatal di wilayah kerja puskesmas Labuapi Kabupaten Lombok Barat.

Kata Kunci : pelayanan antenatal, tingkat pengetahuan, dukungan sosial suami.
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

4 komentar

  1. hubungan dukungan keluarga dg motivasi ibu melakukan kunjungan anc ada g?


  2. Mbak/ mass saya sudah kirim email ke alamat yang anda sebutkan. tolong dikirim soft copynya ya. makasi banyak sblmnya


  3. Minta sof copynya bgm ya secepatnya???


  4. ass.
    ada g’ judul HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI IBU HAMIL TRIMESTER 1,2,3, DENGAN PEMERIKSAAN ANC.



Tinggalkan komentar