h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN WANITA USIA SUBURTENTANG KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN SIKAP DALAM PEMILIHAN KONTRASEPSI SUNTIK DI DESA TUMPUKAN KECAMATAN KARANG DOWO KABUPATEN KLATEN

1 Mei 2009

Daning Tenri Pada

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Program Keluarga Berencana Nasional yang berjalan lama sejak 1970. Program ini memiliki visi untuk mewujudkan “Keluarga Berkualitas 2015”. Berdasarkan hasil wawancara di Desa Tumpukan, Kecamatan Karang Dowo, Kabupaten Klaten, didapatkan 5 dari 8 ibu mengatakan kurang mengerti tentang kontrasepsi suntik, mereka memilih kontrasepsi suntik berdasarkan ikut-ikutan dengan pilihan ibu-ibu tetangganya.

Tujuan :Diketahuinya hubungan antara tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang kontrasepsi suntik dengan sikap dalam pemilihan Kontrasepsi suntik di Desa Tumpukan, Kecamatan Karang Dowo, Kabupaten Klaten.

Metode Penelitian :Deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini mengambil sampel 66 wanita usia subur dengan teknik purposive sampling.

Hasil Penelitian :Nilai correlation coeffisien yaitu 0,286 dengan nilai signifikannya yaitu 0,002, harga ini menunjukkannilai p< 0.05 sehingga Ho ditolak.

Kesimpulan : Ada hubungan antara tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang kontrasepsi dengan sikap dalam pemilihan kontrasepsi suntik di Desa Tumpukan Kecamatan Karang Dowo, Kabupaten Klaten.

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Wanita Usia Subur, Sikap. Kontrasepsi Suntik
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

Satu komentar

  1. maaf bs bantu sy dalam skripsi ttg tk pengetahuan,WUS, sikap kontrasepsi suntik…..terima kasih…



Tinggalkan komentar