h1

PENGARUH TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK ORIENTASI REALITAS TERHADAP FREKUENSI TERJADINYA HALUSINASI PADA KLIEN PSIKOSIS DI RUMAH SAKIT JIWA PROPINSI BALI

3 Mei 2009

Sri Dewi Megayanti

ABSTRAKSI

Latar belakang : Psikosis adalah salah satu gangguan jiwa yang salah satu tanda dan gejalanya gangguan persepsi halusinasi. Klien yang mengalami halusinasi bisa membahayakan diri-sendiri dan orang lain maupun merusak lingkungan. Klien tidak lagi mengenali tempat, waktu dan orang disekitarnya. Terapi aktivitas kelompok orientasi realitas menggunakan aktivitas sebagai stimulus tentang realita lingkungan disekitarnya.

Tujuan : Untuk mengetahui frekuensi terjadinya halusinasi pada klien psikosis sebelum dan sesudah melaksanakan terapi aktivitas kelompok orientasi realita antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol di Rumah Sakit Jiwa Propinsi Bali.

Metodologi Penelitian : Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan pretest – posttest control group design. Penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test.

Hasil penelitian : Setelah pelaksanaan terapi aktivitas kelompok orientasi realita seluruh sampel kelompok eksperimen (100%) mengalami penurunan frekuensi halusinasi. Pada kelompok kontrol terdapat 6 orang (31,58%) mengalami penurunan frekuensi halusinasi. Berdasarkan analisa data dengan Wilcoxon Signed Rank Test diproleh hasil z sebesar -3,852 dengan signifikansi (p) <0,05. Sehingga Ho ditolak.

Kesimpulan : Ada pengaruh yang bermakna dari pelaksanaan terapi aktivitas kelompok orientasi realita terhadap frekuensi terjadinya halusinasi pada klien psikosis di Rumah Sakit Jiwa Propinsi Bali.

Kata kunci : Frekuensi halusinasi, TAK orientasi realita.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

10 komentar

  1. saya mau lihat hasil karya ini selengkapnya dong, ,,
    desy, Bali
    trims


  2. saya mau hasil ini selengkapnya,,,
    trims


  3. pgn liat lengkapnya


  4. ass. minta tolong tampilkan skripsix lengkap. thanks sebelumnya


  5. boleh liat lengkapnya ga??
    bwt refrnsi n panduan skipsi saya.. hatur nhun..


  6. penelitian yang bagus. bolehkah lihat lengkapny??


  7. saya minta bantuan untuk mendapatkan karya ilmiah ini secara lengkap dari untuk referensi skripsi..nuhun


  8. saya ingin mendapatkan hasil ini dengan lengkap,,
    beritahu saya bagaimana caranya,,
    trims
    nisa


  9. minta tolong donk… dkrimkan artikel lengkap tentang pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap menilai kemampuan realitas klien halusinasi…….!!!


  10. bagusss boleh liat lengkapnya ?



Tinggalkan komentar