h1

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA 2008

3 Mei 2009

YETRI PUSPASARI

ABSTRAKSI

Latar Belakang: Pembangunan kesehatan di Indonesia merupakan upaya kesehatan untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk, dalam mewujudkan derajat kesehatan yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan nasional. Gangguan mental yang paling sering muncul pada masa lansia adalah depresi, gangguan kognitif, fobia, dan gangguan pemakaian alkohol. Dukungan sosial merubah efek-efek kesehatan yang negatif dari tingkat depresi yang meningkat sumbernya.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman dengan tingkat depresi pada lanjut usia di panti wredha Budhi Dharma Yogyakarta 2008.

Metode: Rancangan penelitian menggunakan cross sectional dengan metode kuantitatif bersifat deskriptif korelatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada minggu kesatu bulan Mei 2008. Responden yang diambil sebanyak 30 orang lanjut usia. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dukungan sosial teman dan tingkat depresi yang diisi oleh lanjut usia.

Hasil: Hasil ρ –0,418 dan P= 0,022. Dimana p < 0,05.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, ada hubungan antara dukungan sosial teman dengan tingkat depresi pada lanjut usia di panti wredha Budhi Dharma Yogyakarta 2008.

Kata Kunci: dukungan sosial teman, depresi, lanjut usia.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. bisa minta file lengkapnya


  2. ass…
    bagaimana saya bisa mendapatkan file selengkapnya


  3. selamat sore, bagaimana saya bisa mendaptkan file selengkap nya


  4. saya minta data dari karya tulis ini untuk menambah referensi tugas yang saya kerjakan. terimakasih.

    tolong dikirim ke email saya



Tinggalkan komentar