h1

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR IBU DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM DI RSU PANDAN ARANG KABUPATEN BOYOLALI

3 Mei 2009

KATRININGSIH

ABSTRAKSI

Latar Belakang penelitian : Angka kematian bayi baru lahir di Indonesia menurut SDKI 2002/2003 adalah 20/1.000 kelahiran hidup. Salah satu penyebab utama kematian bayi yang baru lahir adalah asfiksia bayi baru lahir. Faktor yang berkaitan dengan terjadinya Asfiksia yaitu  faktor ibu,  faktor persalinan,  faktor janin dan faktor plasenta. Faktor ibu meliputi usia ibu waktu hamil, umur kehamilan saat melahir, status kesehatan, status paritas, dan riwayat obstetri.Aminulloh (2002).

Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan faktor usia ibu, faktor umur kehamilan, faktor status kesehatan, faktor status paritas dan faktor riwayat obstetri dengan Asfiksia neonatorum.

Metode Penelitian : Jenis korelasional Jumlah responden 86 bayi. Instrumen penelitian menggunakan lembar cklist. Analisis data menggunakan uji Chi Square.

Hasil Penelitian : Ada hubungan faktor usia ibu dengan kejadian Asfiksia neonatorum dengan nilai P=0,006<0,05. Ada hubungan faktor umur kehamilan dengan Asfiksia neonatorum dengan nilai P=0,003<0,05. Ada hubungan faktor status kesehatan dengan Asfiksia neonatorum dengan nilai P=0,000<0,05. Ada hubungan faktor status paritas dengan Asfiksia neonatorum dengan nilai P=0,004<0,05. Ada hubungan faktor riwayat obstetri dengan Asfiksia neonatorum dengan nilai P=0,017<0,05.

Kata Kunci: Usia, Gestasi, Status Kesehatan, Paritas,  Obstetri, Asfiksia Neonatorum

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

25 komentar

  1. saya ingin tahu lebih detail penelitian tentang asfiksia neonaturum bisa kirim hasil penelitian ke email saya ?


  2. saya ingin tahu lehih lengkap tentang KTI anda sebagai referensi KTI saya. bisakah anda mengirimkan penelitian anda ke email saya?


  3. saya ingin tahu lebih lengkap mengenai KTI anda untuk refrensi KTI,,tolong kirim lengkapnya downk…


  4. saya tertarik dengan judul anda. boleh saya minta lengkapnya sebagai refrensi saya dlm penyusunan skripsi. terimakasih


  5. saya ingin tahu lebih detail tentang hubungan faktor-faktor penyebab kejadian asfiksia neonatorum ini untuk reverensi kti saya. khususnya saya ingin tahu ada atau tidak hubungan umur kehamilan ibu dengan kejadian asfiksia neonatorum.
    bisakah anda mengirimkan hasil penelitian anda ke email saya? terimakasih


  6. saya ingin tahu lebih detail tentang penelitian anda dengan judul ”HUBUNGAN ANTARA FAKTOR IBU DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM DI RSU PANDAN ARANG KABUPATEN BOYOLALI”, bisakah anda mengirimkan penelitian tersebut ke email saya sebagai bahan refernsi untuk skripsi saya yg berjudul faktor faktor yang berhubungan dengan kejadian asfiksia neonatorum,,, kalau bisa beserta data terbaru tentang asfiksia untuk tingkat dunia, dan indonesia? ..
    Terimakasih sebelumnya…


  7. mudah-mudahan anda berkenan mengirimkan tulisan anda ke kami , krn anggota keluarga saya mengalami kasus ini, mudah2an akan menjadi referensi yang baik bagi kami. Terimakasih


  8. Bolehkah saya memperoleh hasil penelitian anda, karena anggota keluarga saya juga mengalami hal ini, mudah-mudahan tulisan anda dpt berguna bagi kami


  9. boleh saia minta bab pembahasannya ajah???tuk pembanding sajah,
    mohon bantuannya kirin k email saia,
    terimaksih.,.,.,.


  10. bisakah anda mengirimkan penelitian ini ke email saya


  11. pingin ngmbil judul itu…bisa gk ya??


  12. saya ingin mengetahui info teupdate 2010 mengenai asfiksai neonatorum, terutama mengenai faktor penyebabnya, apa yang paling dominan di indonesia saat ini. bisakah anda mengirimkan nya untuk refrensi KTI saya? terimakasih sebelumnya sudah membantu


  13. sy ingin mengetahui lebih detail tentang hasil penelitian saudara tentang asfiksia neonatorum,
    mintol bantuan dari saudara untuk mengirimkan ke email sy??
    terimakasih


  14. saya ingin mengetahui detail penelitian anda terutama mengenai hub antara usia ibu dan status paritas dengan kejadian asfiksia, bisakah anda mengirimkan hasil riset anda ke email saya?
    terimakasih


  15. salam , , ,

    saya ingin tahu hasil penelitan anda,sebagai bahan refrensi KTI (boleh di kirim ke email saya)

    terima kasih sebelumnya


  16. saya ingin tahu lebih detail tentang penelitian asfiksia Neonatorum.. bisakah anda menolong saya untuk mengirimkan hasil penelitian anda ke email saya???


  17. Saya ingin tahu lebih detail tentang asfiksia neonatorum dengan hubungan umur Ibu…Saya harap anda berkenan mengirimkannya ke email saya…Terimakasih…


  18. saya ingin tahu lebih detail tentang penelitian anda dengan judul H”UBUNGAN ANTARA FAKTOR IBU DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM DI RSU PANDAN ARANG KABUPATEN BOYOLALI”, bisakah anda mengirimkan penelitian tersebut ke email saya sebagai bahan refernsi..
    Terimakasih…


  19. saya ingin tahu lebih detail tentang penelitian pada judul skripsi yang anda ambil ini, bisakah anda mengirimkan penelitian tersebut ke email saya sebagai bahan refernsi..
    Terimakasih…


  20. aku tertarik dengan penelitian ini bisa ngga hasil penelitian di kirim ke email aku…terima kasih


  21. saya tertarik dengan masalah judul anda
    bsa dikirim lengkap ga??
    ^^,


  22. saya ingin tahu detailnya hasil penelitian anda, bisa kah mengirimkannya ke email saya]
    terima kasih sebelumnya


  23. saya ingin tahu ngka kematian bayi tahun 2008 di dunua, asean, dan indonesia dari hasil penelitian anda.


  24. saya ingin mengetahui tentang jumlah kejadian asfiksia tahun 2009 di dunia, ASEAN, dan indonesia dari hasil penelitian anda. bisakah anda mengirimkan ke email saya


  25. saya ingin tahu lebih detail tentang penelitian anda tentang asfiksia neonatorum,,,bisakah anda mengirimkan hasil penelitian anda ke email saya???terimakasih



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: