h1

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG KEGIATAN POSYANDU DENGAN PARTISIPASI IBU BALITA DI POSYANDU WILAYAH PUSKESMAS PATUK I PATUK GUNUNGKIDUL

3 Mei 2009

Endang Moelyani

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Sampai saat ini gizi masyarakat masih menjadi permasalahan bahkan menjadi beban ganda seperti KEP, GAKY, amneia dan kekurangan vitamin A (KVA). Pemantauan status gizi Puskesmas Patuk I pada bulan November 2007, didapatkan balita status gizi buruk 1,05%, balita gizi kurang 7,94%, balita gizi baik 89% dan balita gizi lebih 2,34% dan partisipasi masyarakat di posyandu yang ditunjukan dengan indikator D/S yaitu balita yang datang dan ditimbang di banding jumlah semua balita sebesar 69%.

Tujuan : Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu tentang kegiatan posyandu terhadap partisipasi ibu balita di posyandu di wilayah Puskesmas Patuk 1, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul 2008.

Metode Penelitian : penelitian merupakan penelitian non experiment yang bersifat Explanatory Research dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah ibu-ibu balita umur 12 – 59 bulan di desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul sejumlah 148 orang. Pengambilan sampel secara simple random sampling sejumlah 106 sampel. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan product moment dan regresi linier berganda.

Hasil dan Kesimpulan : ada hubungan pengetahuan ibu balita tentang kegiatan posyandu dengan partisipasi ibu balita di posyandu, dengan koefisien korelasi sebesar 0,378 (P < 0,05). Ada hubungan sikap ibu tentang kegiatan posyandu dengan partisipasi ibu balita di posyandu, dengan koefisien korelasi sebesar 0,377 dan p 0,000 (p < 0,05). Ada hubungan pengetahuan dan sikap ibu balita tentang kegiatan posyandu dengan partisipasi ibu balita di posyandu, dengan nilai F hitung sebesar 13,208 dan p 0,000 (- < 0,05)

Kata Kunci : pengetahuan, sikap, partisipasi ibu balita di posyandu.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

11 komentar

  1. boleh saya minta file lengkapnya untuk menambah referensi saya membuat skripsi,
    terima kasih . .


  2. boleh saya minta hasil karya anda yang lengkap?untuk panduan tugas saya,kirim ya saya tunggu,terima kasih,


  3. bolehkah saya minta tulisan ini selengkapnya untuk refrensi tugas skripsi saya , trims janti


  4. tolong ya ,saya mau lihat lengkap nya,buat referensi skripsi


  5. mohon bantuan untuk skripsi denngn judul
    HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG KEGIATAN POSYANDU DENGAN PARTISIPASI IBU BALITA DI POSYANDU


  6. saya mau mesan skripsi judulnya
    HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG KEGIATAN POSYANDU DENGAN PARTISIPASI IBU BALITA DI POSYANDU .


  7. tolg dong krimin kti yg lengkap, utk panduan kti saya…
    mkcih sblumny!!!!
    ditunggu loh>>


  8. bolehkah saya minta tulisan ini selengkapnya untuk refrensi tugas skripsi says


  9. bisa copy filenya ga? buat referensi KTI adiku


  10. Mohom tulisan ini selengkapnya


  11. saya Siti Aminah, mahasiswa Stikes Dian Husada . Saat ini saya sedang membuat proposal skripsi S1 Keperawatan dengan judul HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG KEGIATAN POSYANDU DENGAN PARTISIPASI IBU BALITA DI POSYANDU .
    Bolehkah saya meminta karya anda selengkapnya.

    terimakasih



Tinggalkan komentar