h1

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PROSESPERSALINAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH PUSKESMAS KERAMBITAN II TABANAN BALI

3 Mei 2009

Oleh : Ni Luh Putu Sekardiani

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Pengetahuan ibu hamil tentang proses persalinan merupakan salah satu faktor yang penting untuk dikaji dalam mempersiapkan ibu hamil menghadapi persalinan. Ibu hamil yang dalam keadaan cemas, tubuh akan memproduksi hormon kortisol secara berlebihan yang berakibat meningkatkan tekanan darah dan emosi yang tidak stabil. Hormon kortisol pada ibu hamil melalui pembuluh darah akan sampai di plasenta dan akhirnya ke janin, akibatnya dapat terjadi aspeksia pada bayi. Kecemasan yang dialami oleh ibu hamil dapat mempersulit proses persalinan.

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui antara pengetahuan ibu hamil tentang proses persalinan dengan tingkat kecemasan menghadapi persalinan.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah  deskriftif analitik non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 38 orang dengan teknik pengambilan sampel kuota sampling. Alat ukur yang dipergunakan berupa kuesioner dengan pertanyaan tertutup, yaitu kuesioner pengetahuan 20 item dan kuesioner kecemasan (HRS-A) 14 kelompok gejala. Analisis pengolahan data menggunakan uji statistik dengan rumus Kendal tau.

Hasil penelitian : Menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang proses persalinan dengan tingkat kecemasan menghadapi persalinan, dengan hasil uji statistik : correlation coefficien sebesar 0,327 nilai signifikan sebesar 0,031 pada taraf kepercayaan 0,05 gambaran pengetahuan, yang berpengetahuan baik lebih banyak dari yang berpengetahuan kurang, dan gambaran kecemasan lebih banyak yang tingkat kecemasan sedang dari pada kecemasan berat.

Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu hamil tentang proses persalinan dengan tingkat kecemasan menghadapi persalinan di wilayah Puskesmas Kerambitan II Tabanan Bali.

Kata Kunci : Pengetahuan, kecemasan, proses persalinan

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

16 komentar

  1. tlong krim file skripsi nya mohon bantuan nya..trimaksh


  2. saya tertarik ingin tahu lebih lengkap penelitian ini sebagai bahan referensi. kalau masih boleh mohon dikirimkan.terimakasi


  3. mbak sist, minta file lengkapnya yah, buat tambah”an bahan baca u/ KTI. makasih sebelumnya sist.


  4. mau dunk..


  5. Cara mendapatkan file lengkapnya gmn?


  6. sy tertarik dgn skripsinya. bisa dikirim ke emailku? klw bisa dgn kuesionernya…
    thanks….


  7. k’ mhon bantuannya sya tertarik dengan jdul in,mohon di kirimkan isi skripsi ini bila di perbolehkan.saya sangat berterimah kasi bila saya bisa memiliki salinannya.


  8. saya tertarik dengan isi penelitian ini!!
    saya sngat berterima kasih apabila saya diperkenan kan untuk memiliki salinan tersebu…


  9. maaf sebelumnya k’
    mhon bantuannya,saya sangat membutuhkan skripsi ini dgn lengkap,mhon kk berkenan mengrimkan k email saya,,saya betul2 butuh skali,biaya pengirimannya via transfer yah k’.
    mhn infox k email saya secepatnya.terima kasih.


  10. mbak aku minta bahan ini ya,untuk KTI saya…makasih…tolong kirim ke email saya ya…


  11. gmana cara mendapat kan informasi lebih


  12. saya tertarik dengan judul ini.. mohon di kirimkan isi skripsi ini bila di perbolehkan.. dan saya ucapkan terima kasih byk atas bantuannya..


  13. minta tolong kirimkan data skripsinya mbak


  14. halooo……
    oya boleh gak… aka minta kirimkan ke email ak tentang ini, untuk bahan kti saya….
    boleh ya…..
    thanks……..


  15. Tiang tertarik sekali untuk mengetahui lebih lanjut ttg isi dari penelitian ini.
    Terima kasih saya ucapkan apabila saya diperkenankan untuk memiliki salinan penelitian tersebut.


  16. saya tertarik dengan hasil penelitian ini.saya sangat berterimah kasi bila saya bisa memiliki salinannya (“.)



Tinggalkan komentar