h1

HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI ANAK PADA BALA VIKAS DI SAI STUDY GROUP DENPASAR BALI 2008

3 Mei 2009

Ni Wayan Sri Laksmi

ABSTRAKSI

Latar belakang : Gizi merupakan salah satu faktor penentu utama kualitas sumber daya manusia. Gangguan gizi pada awal kehidupan akan mempengaruhi kualitas hidup berikutnya. Gizi yang kurang pada anak-anak tidak hanya menimbulkan gangguan pertumbuhan fisik, tetapi juga mempengaruhi kecerdasan dan produktivitas di masa dewasa. Seiring perkembangan jaman maka pola makan orang berubah. Untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan banyak orang menerapkan pola makan vegetarian karena pola makan ini murah, bebas kolesterol, dan sehat. Tetapi apabila pola makan ini tidak disertai pengaturan asupan gizi yang baik maka penganut vegetarian berpotensi mengalami status gizi yang tidak baik berupa gizi kurang bahkan gizi buruk.

Tujuan : Diketahuinya hubungan antara pola makan dengan status gizi anak pada Bala Vikas Sai Study Group Denpasar, Bali.

Metode : Deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 25 Mei 2008 dengan jumlah sampel 33 anak. Teknik sampling yang digunakan accidental sampling. Data diambil dengan wawancara, penimbangan berat badan dan food recall 24 jam.

Hasil : Setelah dilakukan analisa data dengan menggunakan uji statistik Chi-Square didapatkan hasil signifikansi 0,002 dan jika dibandingkan dengan α = 5 %, maka p< 0,05 sehingga Ho ditolak.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pola makan dengan status gizi anak pada Bala Vikas Sai Study Group Denpasar, Bali.

Kata kunci : pola makan, status gizi, anak.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

10 komentar

  1. blehkah sya ingin mendapatkan soft copy ttng hubungan pola makan dgn status gizi balita


  2. saya mahasiswa nonreguler stikes wika bali, bisakah saya minta soft copy kalau bisa tolong kirim ke mail trimakasih


  3. bolehkah minta soft copy nyah
    tertarik nihh


  4. boleh yaa saya mendapatkan soft copy tentang hubungan pola makan dengan status gizi anak ??? plisss..


  5. saya boleh soft copy nya dong?


  6. bolehkah saya mendapatkan bahan lengkapnya?? boleh minta tlong kirim ke email saya . terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya..


  7. Sya ingin soft copy ttg hubungan pola makan dg status gizi balita


  8. sy ingin bahan lengkapnya….. pliss mau buat referensi


  9. saya ingin mendapatkan copy ttg hubungan pola makan dgn status gizi


  10. Saya ingin mendapatkan soft copy tantang artikel hubungan pola makan dengan status gizi



Tinggalkan komentar