h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT DEPRESI DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA LANSIA DI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA 2008

3 Mei 2009

Oleh :

MARKUMAH ANDRIYANI

ABSTRAKSI

Prevalensi terbesar gangguan psikiatri pada geriatri adalah depresi. Lansia dengan keluhan insomnia harus dipikirkan kemungkinan adanya depresi. Dari wawancara didapatkan 9 lansia yang mengalami gejala depresi dan mengalami gejala insomnia

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat depresi dengan kejadian insomnia pada Lansia

Jenis penelitian non eksperimen dengan metode penelitian deskriptif analitik dengan rancangan penelitian crossectional. dilaksanakan bulan Juni 2008. Jumlah sampel 35 Orang penentuan sampel dengan purposive sampling.

Penelitian ini dilakukan di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta yang beralamat di Jl. Ponggalan UH 7/203 RT.14 RW.V Yogyakarta.

Dari 35 responden yang diobservasi diperoleh data sebagian besar responden sejumlah 25 Orang lansia (83,3%) depresi kategori sedang- berat yaitu skor GDS 10-15 dan terjadi insomnia.. Kategori Depresi Ringan 5 Lansia (16,7%).Depresi ringan dengan kejadian Insomnia 1 lansia. Sedangkan depresi ringan tidak ada insomnia 4 Lansia.Dengan kategori Tidak ada gejala depresi 5 Lansia (14,3%).

Uji koefisien hasil nilai signifikansi atau asym.sig (p)= 0,000 dan taraf kepercayaan  = 0,05 maka Ho ditolak artinya ada hubungan antara tingkat depresi dengan kejadian Insomnia pada lansia.

Kata kunci: Tingkat Depresi, Kejadian Insomnia, Lansia

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

11 komentar

  1. selamat sore, apa ada pnelitian anda yang berhubungan dengan depresi wanita infertil? kalau ad apa boleh kt sharing? trmksh


  2. boleh minta data lengkapnya


  3. saya lagi buat kti tentang ini, saya sangat butuh bisa saya mendapatkan file lengkapnya? terimakasih


  4. askum,,,bolhkah sy minta file yang lengkap cos sy jg membhas tentang maslah hubungan tingkat kecemasan dgn kejadian insomnia pada lansia ,,,,tolong segara blasa emai sy,,,terima kasih
    wasalam,,,


  5. kiriminlah ke email aku file skripsinya


  6. bisa ngak kiriman skripsilengkapnya,,soalnya saya bahas tentang tingkat depresi dg kejadian insomnia pada lansia….tlg kirimkan ke email saya…


  7. ada tidak kuesionernya depresi n insomnia ?


  8. boleh kah saya minta file nya,, saya memmbutuh kann ya thanks


  9. pengen file yang lengkap dong gimana caranya??
    tolong balas ke email saya y .. terima kasih
    mohon dibantu


  10. apakah saya boleh minta data lengkapnya???!!
    tolong kirimkan k email saya..
    trims…


  11. bisa tidak kirimkan soft skrip ini yang lengkap cz saya mau tahu peneliti mgunakan GDS (geriaric depression scale)pake yang mana dan berapa uji validasi dan realibitasi nya cz skripsi saya mengenai depresi lansia dan akan menggunakan GDS tolong………. segera balasan E-mail nya tks.



Tinggalkan komentar