h1

HUBUNGAN ANTARA SUPPORT KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA TB PARU DI PUSKESMAS PANGGANG II GUNUNG KIDUL

3 Mei 2009

ABSTRAKSI

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya kasus TB paru dan masih rendahnya angka penyembuhan, kasus kambuh dan kegagalan pengobatan dan rensistensi kuman karena kurang disiplinnya pasien dalam minum obat. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengatahui hubungan antara support keluarga dengan kepatuhan minum obat pada penderita TB paru di Puskesmas Panggang II Gunung Kidul. Sedangkan tujuan khusus adalah untuk mengetahui sejauh mana support keluarga yang diberikan terhadap penderita TB paru dan sejauh mana kepatuhan penderita TB paru dalam meminum obat di wilayah verja Puskesmas Panggang II Gunung Kidul. Manfaat penelitian ini adalah untuk masukkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya penyakit TB paru. Manfaat lain adalah sebagai sumber informasi bagi peneliti lain yang berkaitan dengan penyakit TB paru di wilayah Puskesmas Panggang II Gunung Kidul.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh keluarga penderita TB paru  dan penderita TB paru yang berobat di Puskesmas Panggang II Gunung Kidul yang jumlahnya 20 orang, terdiri dari 10 orang keluarga penderita dan 10 orang penderita TB paru. Sampel penelitian ini adalah semua yang ada dalam populasi yaitu sebanyak 20 orang. Pengumpulan data diambil dengan cara survei, dengan alat yang digunakan adalah check list dan kamera. Analisis data menggunakan analisis statistik korelasi Spearman Rho dengan bantuan program SPSS 13.00.

Hasil analisis korelasi menyatakan bahwa ada hubungan antara support keluarga dengan kepatuhan minum obat pada penderita TB paru di wilayah kerja Puskesmas Panggang II Gunung Kidul. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,869 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05).

Kata kunci: Support keluarga, kepatuhan minum obat, penderita TB paru

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: